Pemkot Mataram dan Balai POM Tandatangani MoU PJAS
19 Desember 2012 831 View

Pemkot Mataram dan Balai POM Tandatangani MoU PJAS

Selasa (18/12), sebuah Nota Kesepahaman atau MoU (Memorandum of Understanding) ditandatangani bersama antara Pemerintah Kota Mataram dengan Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (POM) Nusa Tenggara Barat. MoU yang ditandatangani di Ruang Kenari Kantor Walikota Mataram ini terkait dengan kemitraan antara Pemerintah Kota Mataram dan Balai POM NTB dalam pengawasan obat dan makanan serta aksi daerah pangan jajanan anak sekolah (PJAS). Nota Kesepahaman ini ditandatangai langsung oleh Walikota Mataram, H. Ahyar Abduh dan Sri Utami Ekaningtiyas selaku Kepala Balai Besar POM NTB.
Kemitraan antara Pemerintah Kota Mataram dengan Balai POM NTB ini, menurut Sri Utami, sebenarnya telah berjalan meski tanpa menandatangani MoU sekalipun melalui SKPD terkait. Namun diakuinya memang belum sempurna. Dengan adanya kesepakatan yang legal formal semacam ini, pelaksanaan pengawasan obat dan makanan dapat lebih terkoordinir dan terpadu. Sehingga perlindungan terhadap kandungan bahan berbahaya pada obat-obatan dan makanan yang dikonsumsi oleh masyarakat akan lebih terjamin lagi. “Kunci keberhasilan kita adalah koordinasi, dengan demikian pengawasan akan terkawal dari hulu sampai hilir”, tutur Sri Utami.
Hal senada juga diungkapkan oleh Walikota Mataram, H. Ahyar Abduh. Menurut Walikota, MoU yang telah ditandatangani ini merupakan komitmen bersama dalam upaya mengantisipasi keberadaan kandungan bahan berbahaya pada obat-obatan dan makanan yang dikonsumsi oleh masyarakat, khususnya masyarakat Kota Mataram. Menjamin konsumsi yang selain bermutu dan bergizi, juga aman bagi masyarakat.
Yang tak kalah penting untuk menjadi perhatian bersama lanjut Walikota, adalah jajanan atau makanan yang dijual bebas di sekolah-sekolah. Jajanan anak inilah yang kerap kali ditemukan menggunakan bahan berbahaya. Sedangkan tidak mungkin Pemerintah melarang para pedagang menjajakan dagangannya ke sekolah-sekolah. Karenanya pengawasan harus lebih baik, untuk menghindarkan bahkan tidak memberi ruang bagi keberadaan bahan berbahaya dalam jajanan anak sekolah. ”Sesuai dengan isi kesepakatan ini, Saya mengajak semua pihak untuk ikut melaksanakan Aksi Daerah Pangan Jajanan Anak Sekolah”.
”Saya melihat sudah terlalu banyak wacana, rencana, dan bermacam-ragam pencanangan tanpa tindak lanjut yang memadai. Saya mengharapkan sinergitas ini akan ditindak lanjuti secara terus menerus, demikian pula komitmen-komitmen yang sudah terbangun dengan semua pihak selama ini. Sehingga pada 2015 nanti kita dapat ikut mengejar MDGs (Millennium Development Goals) sebagai sasaran kita bersama”, pungkas Walikota. (ufi-humas / foto. nyem

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramWebsite Pengaduan Online RakyatPot n Plot Smart CitySSH Kota Mataram Tahun 2018Kota Mataram Dalam Data Tahun 2017Kecamatan Cakranegara Dalam DataKecamatan Ampenan Dalam DataKecamatan Mataram Dalam DataKecamatan Sandubaya Dalam DataKecamatan Sekarbela Dalam DataKecamatan Selaparang Dalam DataWebsite jdih Kota MataramBanner TEST MNEK 2018Desain Banner HUT RI 73Desain Banner HUT Kota 25

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat