Awiq-awiq Dapat Meminimalisir Konflik
May 13, 2014 455 View

Awiq-awiq Dapat Meminimalisir Konflik

“Negara Kesatuan Republik Indonesia yang terdiri dari berbagai macam suku, agama dan etnis seringkali menimbulkan percikan-percikan yang dapat membesar menjadi konflik horizontal. Oleh karena hal tersebut dengan adanya kearifan lokal di masing masing daerah di Nusantara diharapkan dapat menjadi jembatan bagi perbedaan yang ada”, ungkap Dekan Fakultas Strategi Pertahanan Universitas Pertahanan RI, Marsda TNI Dr. U. H. Harahap, Msi dalam penerimaan Kuliah Kerja Dalam Negeri Mahasiswa Program Studi Damai dan Resolusi Konflik Universitas Pertahanan di ruang Kenari Kantor Walikota Mataram, Rabu (3/4).
“Kami melihat Kota Mataram, adalah Kota yang menarik untuk kami mengadakan studi kasus. Bukan berarti karena Kota ini terdapat banyak kasus konflik, tapi lebih karena kami anggap Kota Mataram dapat melakukan manajemen terhadap konflik yang terjadi di sini. Apalagi bila mengingat di Kota Mataram masyarakatnya terdiri dari beberapa macam suku, agama dan ethnic”, lanjutnya.
Hal tersebut tidak dibantah oleh Sekda Kota Mataram, HL. Makmur Said, “Kami tidak memungkiri bahwa dengan heterogennya masyarakat Kota Mataram dan dengan kepadatan penduduk yang mencapai 6.638 jiwa/km2, terjadinya gesekan antar masyarakat sangat sering terjadi. Tapi dalam masyarakat kami terdapat awiq-awiq atau peraturan dalam masyarakat yang harus dipatuhi oleh seluruh anggota masyarakat”.
“Awiq-awiq tersebut diperkuat juga dengan hadirnya PAM swakarsa yang turut membantu menjaga keamanan dalam masyarakat”, tutup Makmur.
Menurut Ikhsan Malik yang merupakan dosen Fakultas Strategi Pertahanan Universitas Pertahanan RI, “Damai terbagi menjadi 2 yaitu Damai negatif yang lebih bersifat sementara dan Damai positif dimana semua sistem dalam negara berjalan sebagaimana mestinya dan menghasilkan damai yang dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat Indonesia untuk waktu yang lama, dan kami mencoba mencari formulasi yang tepat untuk mewujudkan Damai yang positif di Indonesia”.
Demi membangun Negara Republik Indonesia yang kita cintai, Dekan Fakultas Strategi Pertahanan Universitas Pertahanan RI, Marsda TNI Dr. U. H. Harahap, Msi mengajak kepada seluruh elemen masyarakat untuk bergabung di Universitas Pertahan Republik Indonesia. “Pendidikan kami setara dengan pendidikan pasca sarjana dengan full beasiswa, tapi tentunya setiap pendaftar harus lulus seleksi”, tutupnya.(pun/ humas)

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota Mataram Perwal Tata Naskah Dinas Pemerintah Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramPERATURAN WALIKOTA MATARAM TENTANG KODE ETIK ASNROAD MAP RB KOTA MATARAMBUKU STANDAR HARGA KOTA MATARAM TAHUN 2017Surat Edaran Libur Nasional 2017Edaran Cuti Tahun 2017Logo HUT RI yang ke-72BANNER HUT RI Ke-72HUT KOTA MATARAM KE-24Website Pengaduan Online RakyatPot n Plot Smart City

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat

Statistik Pengunjung

Hari Ini : 4,184 Visit
Kemarin : 4,748 Visit
Bulan Ini : 63,709 Visit
Tahun Ini : 129,924 Visit
Total : 132,644 Visit
Detail Statistik