Walikota Serahkan DPK dan PNPM Mandiri Perkotaan
06 April 2013 959 View

Walikota Serahkan DPK dan PNPM Mandiri Perkotaan

Dana pembangunan kelurahan (DPK) Kota Mataram dan PNPM Mandiri Perkotaan diserahkan Walikota Mataram H Ahyar Abduh untuk dikelola Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) se-Kota Mataram, Kamis (4/4) di aula Kantor Walikota Mataram. Selain penyerahan dana, dalam kesempatan itu dilakukan pula sosialisasi yang diikuti 242 peserta, terdiri dari lurah, dan pengurus BKM se-Kota Mataram.
Dalam sambutannya, Walikota mengingatkan agar dana tersebut bisa dimanfaatkan pada tiga hal pokok. Yakni pembangunan infrastruktur skala kecil, meningkatkan partisipasi keswadayaan di masyarakat, dan menurunkan angka kemiskinan melalui program perberdayaan ekonomi masyarakat. ‘’Dana yang diterima harus dimanfaatkan untuk percepatan pembangunan di perkotaan,’’ kata Walikota.
Menurutnya, pembangunan di Kota Mataram tidak bisa sepenuhnya diakomodir pemkot melalui SKPD terkait. Karenanya disiapkan hibah DKP yang bisa dikelola melalui BKM di kelurahan. Untuk hibah DKP Kota Mataram tahun anggaran 2013 mencapai Rp 2,5 miliar, dialokasikan Rp 50 juta per kelurahan. Sementara untuk PNPM Mandiri Perkotaan besarannya mencapai Rp 8,2 miliar.
Untuk tahun ini, DPK masih ditetapkan Rp 50 juta per kelurahan. Namun ke depannya, Walikota tidak memungkiri akan adanya peningkatan hibah DKP mengingat PAD Kota Mataram yang juga meningkat setiap tahunnya. Pertimbangan lainnya, berdasarkan hasil evaluasi Walikota disimpulkan jika para pengurus BKM telah sungguh-sungguh memanfaatkan dana untuk kepentingan masyarakat.
Sementara itu, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Kota Matara H Syaiful Mukmin menjelaskan, kegiatan sosialisasi digelar bertujuan meningkatkan pengetahuan dalam pelaksanaan kegiatan-kegiatan di lapangan. Baik untuk pengurus BKM maupun PNPM Mandiri Perkotaan. ‘’Sosialisasi untuk meningkatkan pengetahuan mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga evaluasi dari semua kegiatan,’’ jelas Syaiful.

Ditambahkannya, hibah DPK merupakan program unggulan Pemkot Mataram di tahun 2012. DKP dialokasikan antara lain untuk rehab rumah tidak layak huni, pembuatan MCK jamban keluarga, perbaikan saluran, sumur resapan, pentaludan, jembatan, gorong-gorong, pemasangan paving blok hingga rabat jalan. ‘’Hibah DPK untuk membackup kegiatan MPBM yang tidak bisa dilaksanakan oleh SKPD,’’ ujarnya. (rin/yudi foto humas)

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramWebsite Pengaduan Online RakyatPot n Plot Smart CityWebsite jdih Kota MataramKecamatan Cakranegara Dalam Data 2018.pdfKecamatan Mataram Dalam Data 2018.pdfKecamatan Sandubaya Dalam Data 2018.pdfKecamatan Sandubaya Dalam Data 2018.pdfKecamatan Selaparang Dalam Data 2018.pdf111111111

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat