Mataram Segera Jadi Kota Layak Anak
22 April 2013 969 View

Mataram Segera Jadi Kota Layak Anak

Sebagai bentuk keseriusan dan komitmen mewujudkan Kota Mataram sebagai Kota Layak Anak (KLA), Kamis (18/4) di ruang rapat Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Mataram Kepala Perwakilan Unicef wilayah Timur Made Sutama memberikan pemaparan tentang pemenuhan hak anak melalui KLA sekaligus membentuk gugus tugas KLA sebagai dasar pembentukan KLA di Kota Mataram. Kegiatan yang dihadiri dari berbagai unsur terkaiit diantaranya, BPPKB Propinsi NTB, BPPKB Kota Mataram, Dewan Anak Kota Mataram dan perwakilan dari Lembaga Perlindungan Anak itu dibuka oleh Kepala Bappeda Kota Mataram, Lalu Martawang.
Kepala Bappeda Kota Mataram Lalu Martawang dalam sambutan pembukanya memberikan apresiasi terhadap program KLA, karena kegiatan ini merupakan cara baru untuk meningkatkan komitmen bersama agar tidak ada lagi anak-anak di Kota Mataram yang tidak mendapatkan haknya. “Kita tidak ingin mendengar lagi ada anak yang tidak dapat sekolah, anak yang berada di setiap pertempatan jalan, anak yang tidak bisa mendapat buku atau seragam sekolah serta hak-hak lainnya,” tegasnya.
Terkait dengan itu Martawang berharap agar pembentukan gugus tugas KLA di Kota Mataram ini bisa menyatukan komiten bersama SKPD-SKPD terkait yang memiliki program komitmen pemenuhan kebutan hak anak. Hal ini tentu akan meningkatkan komitmen dan kepedulian untuk mewujudkan Kota Mataram sebagai KLA. “Jangan sebatas kata dan tulisan, namun harus dibarengi dengan tindakan yang rill,” ingatnya.
Sementara dalam penjelasannya Kepala Perwakilan Unicef wilayah Timur Made Sutama mengatakan, tujuan dari pembentukan KLA ini adalah merupakan impian semua keluarga yakni anak yang sehat, cerdas, ceria dan berahlak mulia yang didukung oleh keluarga yang berkualitas dan perempuan yang berdaya dan berkualitas.
Anak lanjutnya terhitung sejak usia 0 hingga 18 tahun, sementara layak maksudnya hak anak dihormati, dipenuhi, dilindungi dan di promosikan. “Point-point dari maksud kata ‘Layak’ itulah yang harus diurai dalam gugus tugas KLA di Kota Mataram,” katanya menjelaskan.
Jika pembentukan gugus tugas KLA di Kota Mataram dapat tugas secara cepat, KLA untuk Kota Mataram direncanakan dilaunching bertepatan dengan Hari Anak Nasional tanggal 23 Juli 2013. “Akan tetapi hal ini tentu menunggu persetujuan Pemkot Mataram agar dapat berjalan lancar,” katanya mengakhiri. (nir/yudi foto humas)

 

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramWebsite Pengaduan Online RakyatPot n Plot Smart CitySSH Kota Mataram Tahun 2018Kota Mataram Dalam Data Tahun 2017Kecamatan Cakranegara Dalam DataKecamatan Ampenan Dalam DataKecamatan Mataram Dalam DataKecamatan Sandubaya Dalam DataKecamatan Sekarbela Dalam DataKecamatan Selaparang Dalam DataWebsite jdih Kota MataramBanner TEST MNEK 2018Desain Banner HUT RI 73Desain Banner HUT Kota 25

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat