Peringatan Hari Kartini: Emansipasi Harus Ideal dan Proporsional
May 13, 2014 1,103 View

Peringatan Hari Kartini: Emansipasi Harus Ideal dan Proporsional

Puncak peringatan Hari Kartini di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Mataram berjalan meriah. Karena selain dirangkai dengan kegiatan lomba Nasi Tumpeng antar SKPD, kegiatan juga dimeriahkan dengan penampilan siswa-siswi Kota Mataram yang menampilkan kesenian tari tradisional rudat dan Qasidah sebagai upaya menumbuhkan rasa cinta terhadap kesenian tradisional.
Peringatan puncak Hari Kartini berlangsung di aula lantai tiga kantor Walikota Mataram, Sabtu (20/4) dihadiri oleh Wakil Walikota Mataram, H. Mohan Roliskana, Ketua DPRD Kota Mataram H. Muhamad Zaini, Ketua GOW Propinsi NTB Hj. Elok Badrun Munir, Sesepuh Organisasi Wanita Hj. Suryani Ahyar Abduh serta jajaran kepala SKPD lingkup Pemkot Mataram. Peringatan puncak Hari Kartini di tandai dengan pemotongan tumpeng bersama oleh Ketua GOW Propinsi NTB, Sesepuh Organisasi Wanita, Ketua GOW Kota Mataram da Dharma Wanita Kota Mataram.
Wakil Walikota Mataram H. Mohan Roliskana saat memberikan sambutannya mengatakan, peringatan Hari Kartini merupakan bentuk upaya dan komitmen dalam meningkatkan kualitas perempuan menjadi lebih baik. Pejuang perempuan RA. Kartini selalu diperingati karena Kartini adalah pelopor emansipasi wanita dan mampu merepormasi pemikiran kaum perempuan.
“Namun tentu emansipasi ini harus dibatasi secara ideal dan profesional. Seperti halnya tim pemain sepak bola, jika semu maju menyerang bola, lalu siapa yang menjaga gawang,” katanya.
Terkait dengan itu Wakil Walikota berharap agar organisasi wanita di Kota Mataram mampu mengembangkan diri baik dalam bidang sosial, religi maupun fisikis untuk membangun rumah tangga dan generasi penerus bangsa.
Sebelumnya Ketua panitia pelaksana ND. Kinnastri Roliskana mengatakan, jika ditelaah dan dipahami emansipasi wanita yang ditelurkan oleh RA. Kartini tentang kesetaraan gender bukan berarti kaum perempuan harus setara dengan laki-laki. Melainkan bagimana seorang perempuan bisa pintar dan memiliki ilmu pengetahuan yang cukup. Sebab dengan pendidikan perempuan mampu membina keluarga dan lingkungan. “Perempuan memiliki kodratnya sendiri,” kata ND. Kinnastri yang juga menjabat sebagai Ketua GOW Kota Mataram.
Lebih jauh Ketua GOW menyampaikan beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan untuk memperingati Hari Kartini tahun 2013 ini, meliputi sosialisasi deteksi dini kanker rahim, pemeriksaan Insfeksi Visualisasi dengan Asamasetat (IVA) , penyuluhan daur ulang sampah/ barang bekas, bakti sosial dan terakhir lomba nasi tumpeng yang di laksanakan pada puncak peringatan Hari Kartini pagi ini.
Pemenang lomba nasi tumpeng juara I diraih oleh BPM, juara II Sekretariat Dewan, dan juara III hasil kreasi tumpeng Bahayangkari. Sedangkan juara harapan I Dinas Kesehatan Kota Mataram, harapan II Dharmawanita dan Juara harapan III Kecamatan Sanndubaya. Kegiatan lomba nasi tumpeng yang melibatkan juri dari Ika Boga, PKK propinsi NTB dan PKK Kota Mataram.
Puncak peringatan hari Kartini di Kota Mataram ditutup dengan penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba nasi tumpeng, penyerahan bingkisan kepada juri, dan kunjungan ke nasi tumpeng yang menjadi juara sekaligus mencicipi oleh semua tamu undangan yang hadir. (nir/yudi foto humas)

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota Mataram Perwal Tata Naskah Dinas Pemerintah Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramPERATURAN WALIKOTA MATARAM TENTANG KODE ETIK ASNROAD MAP RB KOTA MATARAMBUKU STANDAR HARGA KOTA MATARAM TAHUN 2017Surat Edaran Libur Nasional 2017Edaran Cuti Tahun 2017Website Pengaduan Online RakyatPot n Plot Smart CitySSH Kota Mataram Tahun 2018Logo HUT NTB 2017Website Elektronik Warta Kota Mataram

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat

Statistik Pengunjung

Hari Ini : 2,709 Visit
Kemarin : 5,584 Visit
Bulan Ini : 96,515 Visit
Tahun Ini : 542,707 Visit
Total : 545,427 Visit
Detail Statistik