BPS Adakan Sensus Pertanian Sepanjang Mei 2013
May 13, 2014 4,010 View

BPS Adakan Sensus Pertanian Sepanjang Mei 2013

Sektor pertanian berperan penting dalam pembangunan ekonomi Indonesia. Undang-undang Nomor 16 Tahun 1997 mengamanahkan Badan Pusat Statistik (BPS) untuk melaksanakan statistik dasar, yaitu sensus penduduk yang dilaksanakan setiap tahun berakhiran 0, sensus pertanian pada tiap tahun berakhiran 3, dan sensus ekonomi pada setiap tahun berakhiran 6. Sensus Pertanian tahun 2013 ini merupakan sensus ke-6 yang dilaksanakan oleh BPS Republik Indonesia.
Dalam Sosialisasi Sensus Pertanian 2013 yang dilaksanakan di Ruang Kenari Kantor Walikota Mataram pada Kamis (23/4), Kepala BPS Kota Mataram, Ir. L. Putradi menyampaikan bahwa “Tujuan sensus pertanian ini adalah mendapatkan data statistik pertanian terkini yang lengkap dan akurat sebagai gambaran struktur pertanian di Indonesia, memperoleh bernagai informasi tentang populasi usaha pertanian, rumah tangga petani gurem, komoditas pertanian serta distribusi penguasaan dan pengusahaan lahan menurut golongan luas. Data tersebut digunakan untuk mengevaluasi kinerja dan menyusun perencanaan pembangunan pertanian Indonesia”.
Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Mataram, Ir. H. Effendi Eko Saswito, MM menyampaikan apresiasi Pemerintah Kota mataram atas diselenggarakannya sosialisasi sensus pertanian ini. Menurutnya, “Sosialisasi ini sangat penting dilakukan untuk menyukseskan Sensus Pertanian yang akan diselenggarakan serentak pada 1-31 Mei mendatang.  Diharapkan dengan sensus ini akan didapatkan gambaran sektor pertanian secara luas, mencakup subsektor tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, peternakan, perikanan, dan kehutanan”.
Lahan pertanian di Kota mataram yang memiliki luas 2.231 ha diharapkan dapat dimaksimalkan hasilnya, untuk itu diperlukan peran serta semua pihak untuk menyukseskan Sensus Pertanian 2013. Agar data yang diperoleh dari Sensus Pertanian 2013 dapat akurat dan menjadi acuan kita bersama dalam menentukan langkah dan program selanjutnya untuk memaksimalkan hasil Pertanian Kota Mataram.(pun/ dik humas)
 

 

web

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota Mataram Perwal Tata Naskah Dinas Pemerintah Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramPERATURAN WALIKOTA MATARAM TENTANG KODE ETIK ASNROAD MAP RB KOTA MATARAMBUKU STANDAR HARGA KOTA MATARAM TAHUN 2017Surat Edaran Libur Nasional 2017Edaran Cuti Tahun 2017BANNER HUT RI Ke-72HUT KOTA MATARAM KE-24Website Pengaduan Online RakyatPot n Plot Smart Cityspanduk KONBES NUSSH Kota Mataram Tahun 2018

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat

Statistik Pengunjung

Hari Ini : 1,977 Visit
Kemarin : 4,901 Visit
Bulan Ini : 106,320 Visit
Tahun Ini : 413,817 Visit
Total : 416,537 Visit
Detail Statistik