Selamat Datang!
  • Bundaran Kota Mataram

  • Pendopo Kota Mataram

  • Kota Tua Mataram

  • Bundaran Eks Bandara Selaparang

  • Taman Udayana

  • Penghargaan Adipura

  • Munas Akkopsi (Aliansi Kabupaten/Kota Peduli Sanitasi)

  • Taman Selagalas

  • Festival Keraton dan Masyarakat (FKMA) Asia Tenggara II

  • Taman Loang Baloq

  • Taman Sangkareang

  • Green Belt - Taman Udayana

  • Taman Tugu Udayana

  • Taman Beringin

Senin, 21 April 2014
Mari Kita Wujudkan Kota Mataram Yang Maju, Religius dan Berbudaya
ROADSHOW PKK BERAKHIR DI KECAMATAN SELAPARANG
Dipublikasikan : 16 Juni 2013
Setelah sebelumnya mengunjungi lima kecamatan lain yang ada di Kota Mataram, masih dalam rangkaian kegiatan memperingati Hari Kesatuan Gerak PKK, KB-Kesehatan, serta Hari Keluarga Nasional, Sabtu (16/06) TP-PKK Kota Mataram menggelar roadshow terakhirnya ke Kecamatan Selaparang. Kunjungan Ketua TP-PKK Kota Mataram Hj Suryani Ahyar Abduh didampingi Kepala Badan Pemberdayaan dan Keluarga Berencana H.L. Sofiyan Arsyad diterima oleh Camat Selaparang Irwan Rahadi beserta para kader Keluarga Berencana (KB) an PKK se-Kecamatan Selaparang di Aula Serbaguna ‘Mersi’ yang berada di Kantor Kelurahan Monjok Timur.
            Dalam sambutannya, Hj Suryani Ahyar Abduh menyatakan rasa bersyukurnya pada keberadaan dan semangat yang ditunjukkan kader-kader yang dinilainya memiliki peranan penting sebagai motivator bagi terlaksananya sepuluh program pokok PKK. PKK melalui sepuluh program pokoknya menurut Hj. Suryani, merupakan mitra bagi pemerintah, yang ikut serta membantu pencapaian program-program kerja pemerintah
Apalagi dalam kaitannya dengan perolehan tropi Adipura oleh Kota Mataram beberapa waktu lalu yang menurut Hj. Suryani tidak lepas dari perjuangan dan kerja keras antara Pemerintah Kota Mataram dengan masyarakat termasuk para ibu-ibu anggota PKK. “Artinya perjuangan dan kerja keras kita tidak sia-sia”, ungkap ibu enam anak ini lembut.
Dalam kesempatan tersebut, Kepala Badan Pemberdayaan dan Keluarga Berencana H.L. Sofiyan Arsyad menyampaikan, kesejahteraan keluarga seperti yang diamanatkan dalam sepuluh program pokok PKK masih membutuhkan kerja keras dari para kader-kadernya. Bagaimanapun majunya suatu daerah menurut Sofiyan, tanpa didukung dengan perencanaan kelahiran hanya akan menambah tinggi angka kemiskinan. Sehingga dibutuhkan sebuah mekanisme percepatan capaian-capaian Keluarga Berencana (KB), seperti yang telah dituigaskan pada kader.
Pada kesempatan yang sama Camat Selaparang Irwan Rahadi juga mengungkapkan, dari data yang ada masih ada 7.398 KK atau sekitar 46,19% dari jumlah KK secara keseluruhan di kecamatan Selaparang yang tergolong keluarga pra sejahtera dan sejahtera I atau yang menurut versi BKKBN masih tergolong miskin. Angka ini cukup tinggi, dan akan terus bertambah apabila tidak segera dilakukan sebuah terobosan di bidang KB untuk mengatasi masalah kependudukan. “Terobosan berupa pendewasaan usia pernikahan, pembatasan jumlah kelahiran, dan lain-lain”, terang pria yang sebelumnya menjabat sebagai Lurah Pagutan ini.
Di Kecamatan Selaparang, dari jumlah penduduk mencapai lebih dari 56 ribu jiwa yang tersebar di sembilan kelurahan dan 61 lingkungan, jumlah peserta KB baru dari Januari sampai dengan Mei 2013 baru mencapai 33% dari perkiraan permintaan masyarakat. Sementara peserta KB aktif baru tercapai 7.738 akseptor atau 76,79% dari jumlah pasangan usia subur yang ada di Kecamatan Selaparang. Inilah yang ke depannya menjadi tantangan bagi para kader KB dan kader PKK untuk mendongkrak tingkat kepesertaan program KB di Kecamatan Selaparang. (ufi/dink – humas)
           


Sumber : Bagian Humas & Protokol Setda Kota Mataram