Walikota Ajak Luangkan Waktu 5 Menit Untuk Menanam
29 Juni 2013 1,307 View

Walikota Ajak Luangkan Waktu 5 Menit Untuk Menanam

Puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup se-dunia tingkat Kota Mataram dipusatkan di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Pagutan Timur, Sabtu (29/6). Hadir dalam kesempatan itu Walikota Mataram H Ahyar Abduh, Ketua TP PKK Kota Mataram Hj Suryani Ahyar Abduh, Wakil Ketua DPRD Kota Mataram H Didi Sumardi, Dandim 1606/Lobar Letkol Jarot Suharso, sejumlah kepala-kepala SKPD lingkup Pemkot Mataram, PNS, unsur TNI Polri, pelajar dan masyarakat umum.

                Puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup sedunia tingkat Kota Mataram dikemas dalam program aksi 5 menit menghijaukan Kota Mataram. Berpusat di RTH Pagutan Timur dengan menanam 1000 bibit pohon, serta dilakukan pula penanaman serentak pada 36 kelurahan se-Kota Mataram. Dalam sambutannya, Walikota Mataram H Ahyar Abduh mengajak semua masyarakat bersedia meluangkan waktunya tidak lebih dari 5 menit untuk menanam pohon, selain tetap menjaga kebersihan lingkungan.

‘’Sesuai isi directive Presiden RI, isu lingkungan hidup menjadi sangat penting karena semua negara tengah menghadapi kondisi lingkungan hidup yang memprihatinkan,’’ kata Walikota.

Kondisi di Kota Mataram, dengan penduduk mencapai 427 ribu jiwa, setiap orang setidaknya membutuhkan oksigen 0,5 kilogram. Sementara satu batang pohon berdiameter 30 sentimeter hanya menghasilkan 1,2 kilogram oksigen. ‘’Kota Mataram setidaknya membutuhkan 124 ribu batang pohon berdiameter 30 sentimeter untuk memenuhi kebutuhan oksigen warga Kota Mataram,’’ kata Walikota.

Untuk itulah, melalui momen peringatan Hari Lingkungan Hidup se-dunia yang diperingati setiap tanggal 10 Juni, Walikota mengajak semua masyarakat meluangkan waktu bersama-sama menanam dan menghijaukan Kota Mataram. ‘’Dengan menjaga lingkungan hidup, pembangunan berkelanjutan akan bisa terwujud,’’ ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Walikota juga menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba desain kerajinan berbahan baku sampah plastik. Para pemenangnya antara lain, juara I kelompok Kardus Banjar, Kelurahan Banjar, Kecamatan Ampenan. Juara II kelompok Dasan Agung Baru, Kelurahan Dasan Agung Baru, Kecamatan Seleparang dan juara III kelompok Sejahtera Kelurahan Gomong. Pemenang pertama mendapat hadiah mesin jahit, sementara pemenang lainnya mendapat piagam dan uang pembinaan.

Usai menanam pohon di RTH Pagutan Timur, Walikota Mataram beserta Ketua TP PKK Kota Mataram menyambangi acara aksi hijau, pungut pilah sampah Program Pengembangan Kota Hijau (P2KH) di Kelurahan Banjar, Kecamatan Ampenan. Di hadapan ratusan warga Kelurahan Banjar, Walikota mengajak semua masyarakat peduli menjaga kebersihan lingkungannya.

Keberadaan bank sampah menurutnya juga sangat bermanfaat karena sampah terbukti bernilai ekonomis. ‘’Mari jaga kebersihan dan jadikan sampah menjadi produk yang bermanfaat,’’ imbau Walikota.

Sementara itu, Kepala Badan Lingkungan Hidup Kota Mataram HM Saleh dalam laporannya mengatakan, program aksi 5 menit menghijaukan Kota Mataram sebagai bentuk syukur dengan kembalinya Piala Adipura ke Kota Mataram. Kegiatan ini didukung Garuda Indonesia yang menyumbang 3 ribu bibit pohon trembesi, mahoni dan kenari. Bantuan lain juga datang dari PT PLN, Pertamina, rumah sakit yang ada di Kota Mataram serta sejumlah hotel.

‘’Program aksi 5 menit ini dimaksudkan untuk menghimbau dan mengajak masyarakat agar meluangkan waktunya hanya 5 menit untuk menanam dan memelihara pohon,’’ kata mantan Camat Selaparang ini.  (rin/yudi foto humas)

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramWebsite Pengaduan Online RakyatPot n Plot Smart CitySSH Kota Mataram Tahun 2018Kota Mataram Dalam Data Tahun 2017Kecamatan Cakranegara Dalam DataKecamatan Ampenan Dalam DataKecamatan Mataram Dalam DataKecamatan Sandubaya Dalam DataKecamatan Sekarbela Dalam DataKecamatan Selaparang Dalam DataWebsite jdih Kota MataramBanner TEST MNEK 2018Desain Banner HUT RI 73Desain Banner HUT Kota 25

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat