Kelurahan Pejeruk Termasuk 10 Besar Lomba Kelurahan Nasional
11 Juli 2013 1,660 View

Kelurahan Pejeruk Termasuk 10 Besar Lomba Kelurahan Nasional

Tim klarifikasi lomba kelurahan terintegrasi tingkat nasional berkunjung ke Kota Mataram, Kamis (11/7). Tim diterima Sekda Kota Mataram HL Makmur Said di ruang Kenari. Hadir dalam kesempatan itu, Ketua TP PKK Kota Mataram Hj Suryani Ahyar Abduh, sejumlah kepala SKPD, camat dan lurah di Kota Mataram. Usai penerimaan, tim beranggotakan enam orang berkunjung ke Kelurahan Pejeruk, Kecamatan Ampenan yang terpilih masuk nominasi 10 besar kelurahan terintegrasi tingkat nasional tahun 2013.

Dalam sambutan penerimaannya, Sekda Kota Mataram HL Makmur Said mengucapkan selamat datang kepada anggota tim klarifikasi yang diketuai Djarat Febrianto SSi MSi. Sekda menyampaikan harapan Walikota Mataram yang menginginkan Kota Mataram meraih juara. ''Harapan kami, Kota Mataram bisa meraiha juara pertama,'' ujar Sekda.

                Dalam kesempatan itu, Sekda mempresentasikan selayang pandang Kota Mataram. Sebagai salah satu dari 10 kabupaten/kota di Provinsi NTB, Kota Mataram memiliki tiga program unggulan. Yakni peningkatan kualitas sumber daya manusia, peningkatan perekonomian masyarakat dan peningkatan infrastruktur. Sementara untuk kelurahan, Pemkot Mataram menerapkan empat kebijakan. Yakni penyelenggaraan musyawarah pembangunan bermitra masyarakat (MPBM). ''MPBM merupakan modifikasi dari rakorbang. Sehingga perencanaan pembangunan dilakukan berbasis masyarakat di kelurahan,'' jelas Sekda.

                Untuk penganggaran, kelurahan mendapat anggaran Rp 160 juta dengan peruntukan 60 persen untuk operasional pembangunan kemasyarakatan dan sisanya 40 persen untuk administrasi kelurahan. Selain itu, melalui APBD Kota Mataram juga dialokasikan dana hibah pembangunan kelurahan (DPK) senilai Rp 25 miliar untuk 50 kelurahan, masing-masing kelurahan mendapat Rp 50 juta. ''DPK diberikan untuk percepatan pembangunan kelurahan,'' kata Sekda. Sekda berharap, tim klarifikasi bisa memberikan penilaian secara obyektif sesuai fakta di lapangan.

             Sementara itu, Ketua Tim Klarifikasi Lomba Kelurahan tingkat nasional 2013 Drajat Febrianto SSi MSi menjelaskan, Kelurahan Pejeruk masuk 10 besar lomba desa dan kelurahan tingkat nasiona bersanding dengan kelurahan-kelurahan dari Kota Kupang, Ternate, Jogyakarta, Kediri, Sukoharjo, Kabupaten Kepulauan Seribu, dan Kabupaten Gowa.

           Dikatakan Drajat, trend tiga tahun kelurahan di luar Jawa langganan menjadi juara pertama. ''Kami datang untuk mengklarifikasi informasi-informasi yang sudah diserap tim penilai sebelumnya,'' kata Drajat yang berjanji memperjuangkan Kelurahan Pejeruk agar masuk enam besar tingkat nasional.

          Karenanya, Drajat meminta Kelurahan Pejeruk menampilkan keunggulan dan keunikan yang dimiliki kelurahannya. Jika nantinya terpilih masuk enam besar, Lurah Pejeruk akan diundang ke Jakarta untuk mempresentasikan keunggulan dan keunikan Kelurahan Pejeruk di hadapan pejabat lingkup Dirjen Kemendagri. Sesuai jadwal, tanggal 24-25 Juli akan dilakukan penilaian enam besar, tanggal 26 Juni penetapan enam besar, tanggal 30-31 Juli kesempatan bagi Lurah mempresentasikan keunggulan daerahnya, dan puncak acara akan dihelat tangga; 14-20 Agustus di Jakarta. ‘’Pengumuman juara I, II, II, Harapan I hingga III akan diumumkan saat puncak acara,’’ kata Drajat.

        Usai penerimaan di ruang Kenari, rombongan tim klarifikasi mengunjungi Kelurahan Pejeruk. Sebelum tiba di kantor Lurah Pejeruk, rombongan dijemput iring-iringan cidomo yang mengantar hingga kantor Lurah Pejeruk. Warga menyambut kedatangan tim dengan meriah.  (rin/odink foto humas)

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramWebsite Pengaduan Online RakyatPot n Plot Smart CityWebsite jdih Kota MataramKecamatan Cakranegara Dalam Data 2018.pdfKecamatan Mataram Dalam Data 2018.pdfKecamatan Sandubaya Dalam Data 2018.pdfKecamatan Selaparang Dalam Data 2018.pdfKecamatan Ampenan Dalam Data 2018Kota Mataram Dalam Data 2018Kecamatan Sekarbela Dalam Data 2018

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat