Beranda - Situs Resmi Pemerintah Kota Mataram
Implementasi Kurikulum Diluncurkan di Mataram
24 Juli 2013 2,148 View

Implementasi Kurikulum Diluncurkan di Mataram

Implementasi kurikulum 2013 diluncurkan di SMPN 6 Mataram, Senin (15/7). Hadir dalam kesempatan itu pejabat eselon I Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Prof Mahsun, Walikota Mataram H Ahyar Abduh, Kepala Dinas Dikpora Provinsi NTB HL Syafi'i, Kepala Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) NTB Muh Irfan dan Kepala Dinas Dikpora Kota Mataram H Ruslan Effendy.

                Peluncuran implementasi kurikulum 2013 serentak dilakukan seluruh Indonesia. Untuk wilayah NTB dilakukan pada dua tempat, yakni Kota Mataram dan Kabupaten Lombok Tengah. Terpilihnya Kota Mataram sebagai tempat peluncuran mendapat apresiasi dari Walikota Mataram. Dalam sambutannya, Walikota Mataram H Ahyar Abduh mengatakan, terpilihnya Kota Mataram menjadi bukti kepercayaan Kemendikbud dan Dikpora NTB kepada pendidikan di Kota Mataram.

                Untuk di Kota Mataram, terdapat 39 sekolah dari jenjang SD hingga SMK yang menerapkan kurikulum 2013 pada tahap awal. Kepada sekolah-sekolah tersebut, Walikota meminta para kepala sekolah sungguh-sungguh mempersiapkan diri dalam melaksanakan kurikulum 2013. ''Saya yakin kurikulum 2013 bisa berjalan baik dan sukses,'' kata Walikota Mataram.

                Sementara Kepala Dinas Dikpora NTB HL Syafi'i mengatakan, kurikulum 2013 bersifat menyempurnakan kurikulum sebelumnya, yakni kurikulum 2006. ''Kemendikbud melakukan penyempurnaan kurikulum dari tahun ke tahun karena dinilai kurikulum yang ada belum memenuhi harapan masyarakat,'' jelas Syafi'I yang  menyakini, jika kurikulum 2013 dilaksanakan maka visi Kota Mataram Maju Religius dan Berbudaya bisa tercapai.

                Dalam kesempatan itu, pejabat eselon I di Kemendikbud mewakili Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Prof Mahsun mengatakan, penerapan kurikulum 2013 dilakukan secara bertahap. Ditargetkan, tahun 2015 seluruh jenjang pendidikan telah menerapkan kurikulum 2015 mencapai 100 persen. ‘’Kurikulum 2013 lahir setelah melalui pengkajian mendalam terhadap kurikulum 2006. Pemerintah pusat tidak hanya menyusun kurikulum, tetapi juga menyiapkan bahan pembelajarannya, buku petunjuk penggembangan silabus serta mempersiapkan para guru melalui pelatihan,’’ kata Mahsun yang juga optimis kurikulum 2013 bisa berjalan baik sesuai rencana. (rin/foto humas)

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramWebsite Pengaduan Online RakyatPot n Plot Smart CityWebsite jdih Kota MataramKecamatan Cakranegara Dalam Data 2018.pdfKecamatan Mataram Dalam Data 2018.pdfKecamatan Sandubaya Dalam Data 2018.pdfKecamatan Selaparang Dalam Data 2018.pdfKecamatan Ampenan Dalam Data 2018Kota Mataram Dalam Data 2018Kecamatan Sekarbela Dalam Data 2018

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat