Walikota: PAD Meningkat Kemiskinan Menurun
31 Juli 2013 1,366 View

Walikota: PAD Meningkat Kemiskinan Menurun

Dalam kurun waktu 3 tahun kepemimpinan Pasangan AMAN (Ahyar – Mohan), sejak dilantik Agustus 2010 lalu, sejumlah keberhasilan disegala bidang telah diraih Pemerintah. Keberhasilan yang langsung dapat dirasakan masyraakat yakni pembangunan fisik berupa sarana prasarana perkotaan serta permukiman. Hal tersebut sangat ditopang dengan peningkatan jumlah Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Mataram.  demikian disampaikan Walikota Mataram H. Ahyar Abduh pada kegiatan Safari Ramadhan di Masjid Nurul Huda Lingkungan Taman Kelurahan Pagesangan Timur Kecamatan Mataram, rabu (31/7).

Ditegaskan Ahyar, sejak dilantik 2010 lalu, PAD Kota Mataram masih pada kisaran 40 miliar rupiah lebih. Diawal jabatannya, ia menargetkan pada tahun 2015, PAD Kota Mataram dapat menyentuh angka 100 miliar rupiah, namun berkat kegigihan dan kerja keras Pemerintah Kota beserta jajarannya serta dukungan masyarakat, tahun 2013 ini PAD Kota Mataram telah mencapai angka 115 miliar rupiah atau lebih cepat dari yang ditargetkan.

Peningkatan PAD yang cukup signifikan ini tentu sangat membantu pemerintah untuk terus meningkatkan dan mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat terutama pelayanan dasar seperti Pendidikan, Kesehatan dan Ekonomi.

Dalam bidang pendidikan sentuhan langsung yang dilakukan oleh Pemerintah dengan memberikan Bea Siswa Miskin bagi pelajar se Kota Mataram. begitu pula di bidang kesehatan, selain telah menggratiskan pelayanan kesehatan gratis di puskesmas dan jaringannya pada tahun 2012 lalu, maka pada tahun ini Pemerintah Kota akan menggratiskan pelayanan dasar kesehatan kelas 3 pada RSUD Kota Mataram.

Sementara di sisi ekonomi, Pemerintah Kota Mataram telah berhasil menurunkan angka kemiskinan hingga 3 persen. Upaya stimulan guna membangkitkan ekonomi masyarakat  yakni menggiatkan potensi generasi muda dalam menggerakkan ekonomi riil. Langkah nyata yang dilakukan yakni dengan memberikan pelatihan keterampilan kaum muda dengan tujuan terbentuknya kelompok ekonomi kreatif di masing masing lingkungan.

Disamping itu pula potensi penggerak ekonomi berbasis syariah yakni Baitul Wal Wattamwil yang dikelola oleh pengurus/remaja Masjid juga merupakan terobosan yang sangat didukung oleh Pemerintah Kota terlebih potensi ummat Islam yang mayoritas di Kota Mataram menjadi energi yang sangat luar biasa dalam menggerakkan ekonomi ummat, tegas Ahyar dihadapan ratusan jamaah Masjid Nurul Huda.

Disela sela kegiatan safari ramadhan, Walikota Mataram juga menyerahkan sumbangan kepada Masjid Nurul Huda yang diterima langsung perwakilan Tokoh Agama di Lingkungan Taman. (dh/yudi foto humas)

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramWebsite Pengaduan Online RakyatPot n Plot Smart CityWebsite jdih Kota MataramKecamatan Cakranegara Dalam Data 2018.pdfKecamatan Mataram Dalam Data 2018.pdfKecamatan Sandubaya Dalam Data 2018.pdfKecamatan Sandubaya Dalam Data 2018.pdfKecamatan Selaparang Dalam Data 2018.pdf111111111

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat