Beranda - Situs Resmi Pemerintah Kota Mataram
Kurangi Angka Kemiskinan Melalui Pemberdayaan Masyarakat
21 Agustus 2013 1,108 View

Kurangi Angka Kemiskinan Melalui Pemberdayaan Masyarakat

Salah satu program unggulan yang dicanangkan Pemerintah Kota Mataram adalah “Pemberdayaan Ekonomi Rakyat Berbasis Potensi Ekonomi Lokal”. Untuk membantu terwujudnya program tersebut, dibentuklah Kelompok Masyarakat (Pokmas) yang selain bertujuan untuk membantu menekan angka kemiskinan melalui pemberdayaan masyarakat, juga menjadi upaya percepatan pembangunan di Kota Mataram.

Dalam Pembukaan Pelatihan dan Pembinaan Kelompok Masyarakat Usaha Ekonomi Produktif Kota Mataram di Aula lantai III Kantor Walikota Mataram pada Rabu (21/8), H. Syaiful Mukmin selaku Kepala badan Pemberdayaan Masyarakat Kota Mataram yang sekaligus sebagai ketua panitia menyatakan, “Pokmas ekonomi, pada dasarnya membantu Pemerintah Kota Mataram dalam penyerapan tenaga kerja, pemanfaatan bahan baku lokal, serta memenuhi kebutuhan masyarakat tertentu. Melalui Pokmas, masyarakat diberdayakan untuk secara mandiri mampu mengembangkan diri melalui inovasi-inovasi dan dilakukan secara partisipatoris, yang pendekatan metodenya berorientasi pada kebutuhan kelompok masyarakat sasaran.

Salah satu keberhasilan yang diraih Kota Mataram dalam pemberdayaan masyarakat baru saja dinikmati melalui terpilihnya Kelurahan Pejeruk menjadi juara 7 Kelurahan terbaik nasional, Pejeruk menyisihkan sekitar 80 ribu desa/kelurahan se Indonesia.

Assisten II Perekonomian dan Pembangunan, Ir. H. Effendi Eko Saswito, yang membuka pelatihan tersebut menyampaikan harapannya Kepada para peserta pelatihan, “Saya berharap untuk dapat mengikuti pelatihan ini dengan bersungguh-sungguh. Karena, pengembangan ekonomi kerakyatan membutuhkan jiwa kewirausahaan yang tinggi, jeli melihat peluang pasar, tekun, dan tidak mudah menyerah terhadap persaingan pasar. Apalagi mengingat Kota Mataram akan disibukkan dengan banyaknya acara-acara baik skala nasional dan internasional, dan tentu saja bagi masyarakat akan berimbas pada peningkatan ekonomi masyarakat”.(pun/dik humas)

 

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramWebsite Pengaduan Online RakyatPot n Plot Smart CityWebsite jdih Kota MataramKecamatan Cakranegara Dalam Data 2018.pdfKecamatan Mataram Dalam Data 2018.pdfKecamatan Sandubaya Dalam Data 2018.pdfKecamatan Selaparang Dalam Data 2018.pdfKecamatan Ampenan Dalam Data 2018Kota Mataram Dalam Data 2018Kecamatan Sekarbela Dalam Data 2018

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat