HUT ke-20 Kota Mataram Perkuat Simpul Persatuan, Kebersamaan dan Kerukunana
31 Agustus 2013 2,187 View

HUT ke-20 Kota Mataram Perkuat Simpul Persatuan, Kebersamaan dan Kerukunana

Upacara peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-20 Kota Mataram tanggal 31 Agustus 2013 berlangsung khidmat, Sabtu (31/8). Bertindak selaku inspektur upacara Wali Kota Mataram H Ahyar Abduh. Di kursi undangan tampak hadir Wakil Wali Kota Mataram H Mohan Roliskana beserta istri, Gubernur NTB TGH M Zainul Majdi, sejumlah tokoh seperti HL Mudjitahid, anggota DPRD Kota Mataram serta para pegawai, pelajar hingga unsur TNI/Polri.

                Dalam sambutan Gubernur NTB yang dibacakan Wali Kota Mataram H Ahyar Abduh, Gubernur mengatakan, perjalanan Kota Mataram selama dua dasawarsa adalah perjuangan yang cukup panjang bagi pembangunan setiap daerah. ‘’Kini kita saksikan, Kota Mataram telah melaluinya dengan mantap dan meyakinkan,’’ ujar Gubernur.

Berbagai penghargaan pembangunan yang telah diraih tentu menjadi suatu capaian yang akan diukir oleh sejarah. Namun yang pasti, hasil pembangunan yang paling bernilai semenjak ikhtiar dua puluh tahun silam adalah, pembangunan ini senantiasa dihajatkan untuk sebesar-besarnya kesejahteraan masyarakat Kota Mataram.

                Gubernur juga menyampaikan apresiasi sekaligus ucapan selamat dirgahayu ke-20 kepada segenap jajaran pemerintah dan masyarakat Kota Mataram. ‘’Semoga momentun peringatan ini menjadi bagian dari rangkaian rasa syukur kita, sekaligus sebagai motivasi untuk senantiasa memberikan pengkhidmatan yang lebih baik, menuju Kota Mataram sebagai kota yang maju, religius dan berbudaya,’’ jelas Gubernur.

                Masa ke masa pemerintahan Kota Mataram, menurut penilaian Gubernur, disetiap masa kepemimpinannya selalu ada kharisma dan kemajuan yang diraih. Begitu juga dengan tiga tahun pemerintahan Kota Matara periode 2010-2015. Jejak langkah pembangunan tertapak rapi meliputi seluruh bidang pembangunan. Geliat perekonomian masih menjadi yang terdepan, penataan kota tertata rapi, pembangunan infrastruktur yang semakin terpadu, fasilitas pelayanan kesehatan dasar yang terus membaik, sebagai kota pusat pendidikan, serta kondisi lingkungan yang semakin sehat.

Kondisi ini, diharapkan Gubernur selaras dengan tema HUT Kota Mataram kali ini, yakni ‘’Dengan semangat peringatan HUT ke-20 Kota Mataram, kita wujudkan stabilitas politik dan ekonomi, guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Mataram yang maju, religius dan berbudaya’’.

Semangat dan kondusifitas yang selama ini terjaga, hendaknya dapat terus dipertahankan. Heterogenitas masyarakat yang terjaga baik dan dipadu dengan kinerja cerdas pemerintahnya bersama jajaran eksekutif dan legislative, telah memberikan kontribusi sekaligus bukti bahwa Kota Mataram semakin mandiri serta mampu mencapai keberhasilan yang membanggakan. Antara lain, penghargaan Piala Adipura untuk kategoti kota sedang, dan penghargaan Satya Lencana Pembangunan bidang Koperasi.

Demikian pula secara regional, Pemerintah Kota Mataram sebagai penyelenggara pemerintah terbaik se-NTB selama dua tahun berturut-turut. Bila prestasi hanya terhenti pada tulisan sejarah, maka pembangunan tetap akan bergerak mengikuti perkembaangan dinamika zaman dan kebutuhan masyarakat. Karena itu, jajaran Pemerintah Kota ataram dan seluruh pemangku amanah harus senantiasa menjaga agar perkembangan Kota Mataram ke depan tetap selaras sesuai daya dukung ruang dan kultur masyarakat.

Berbagai prestasi pembangunan yang telah dicapai harus dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan dengan mendayagunakan segenap potensi yang ada secara efektif dan efisiensi. Karenanya, perlu digali berbagai kiat kreatif dan inovatif, selain terus berusaha menggugah partisipasi masyarakat untuk terlibat dalam setiap kegiatan pembangunan, guna meningkatkan daya saing Kota Mataram.

Selanjutnya, tantangan pembangunan sangat membutuhkan keberadaan aparatur pemerintah daerah yang disiplin dan cerdas dalam bekerja, mampu merumuskan berbagai ide terobosan yang aplikatif serta merespon dengan bijak berbagai aspirasi masyarakat, termasuk dalam menghadapi berbagai persoalan yang masih perlu mendapat perhatian.

‘’Kita semua berharap, peringatan HUT ke-20 Kota Mataram menjadi momentum untuk semakin mengeratkan simpul-simpul persatuan, kebersamaan dan kerukunan seluruh elemen masyarakat dan jajaran pemerintah sehingga Insya Allah visi pembangunan Kota Mataram, mewujudkan Kota Mataram yang maju, religius dan berbudaya, akan dapat diwujudkan,’’ terang Gubernur.

Selain upacara, dalam kesempatan tersebut dilakukan pula penandatangan prasasti peresmian pembangunan balai benih penyuluh KB di kecamatan se-Kota Mataram dan penandatanganan prasasti peresmian kantor Lurah Punia, Lurah Satpa Marga, Lurah Mandalika, Lurah Monjok, dan Lurah Kebon Sari. Dilanjutkan pula dengan launching pelayanan kesehatan kelas III gratis di RSUD Kota Mataram dan pemasangan gratis pipa PDAM untuk 1000 rumah tangga.

Acara dirangkai pula dengan penyerahan hadiah, piagam dan tropi kepada pemenang lomba dalam rangka memeriahkan HUT ke 20 Kota Mataram yang dikoordinir dinas/instansi, seperti Dinas Kesehatan Kota Mataram, Dinas Kebersihan Kota Mataram, BPPKB, dan Dinas Pertanian, Kelautan dan Perikanan Kota Mataram. (rin/foto humas)

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramWebsite Pengaduan Online RakyatPot n Plot Smart CityWebsite jdih Kota MataramKecamatan Cakranegara Dalam Data 2018.pdfKecamatan Mataram Dalam Data 2018.pdfKecamatan Sandubaya Dalam Data 2018.pdfKecamatan Sandubaya Dalam Data 2018.pdfKecamatan Selaparang Dalam Data 2018.pdf111111111

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat