Walikota Buka Gebyar PBB 2013
04 September 2013 953 View

Walikota Buka Gebyar PBB 2013

Kegiatan gebyar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Kota Mataram kembali digelar Pemerintah Kota Mataram. Gebyar PBB yang dilaksanakan di halaman Kantor Dispenda Kota Mataram dibuka Walikota Mataram H Ahyar Abduh, Rabu (4/9).

                Dalam kesempatan itu, Walikota Mataram mengatakan, pendapatan asli daerah (PAD) Kota Mataram memiliki peluang besar untuk meningkat dengan menggalakkan intensifikasi dan ekstensifikasi perolehan pajak bumi dan bangunan (PBB). Namun Walikota mengingatkan, agar kenaikan target perolehan PBB tidak memberatkan masyarakat miskin dengan menaikkan nilai obyek pajak. ‘’Bila perlu, masyarakat tidak mampu dan pensiunan silahkan ajukan pengurangan nilai obyek pajak sesuai aturan undang-undang,’’ ujar H Ahyar Abduh.

                Walikota menyatakan keoptimisannya jika pemasukan dari PBB akan meningkat dan memberikan dukungan terhadap pendapatan daerah. Kenaikan tersebut tentunya akan mendukung ikhtiar untuk pembiayaan pembangunan di Kota Mataram. ‘’Kami berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Kota Mataram dengan menyediakan segala fasilitas yang dibutuhkan masyarakat,’’ ujar Walikota.

                Sementara itu, Kepala Dispenda Kota Mataram H Syakirin Hukmi melaporkan, kegiatan gebyar PBB dilaksanakan setiap tahun untuk memberikan kemudahan pelayanan kepada wajib pajak untuk melaksanakan pembayaran PBB pada satu tempat pembayaran. ‘’Sekaligus untuk mengingatkan dan mengajak wajib pajak untuk memenuhi kewajiban melunasi pembayaran PBB sebelum berakhirnya jatuh tempo pembayaran PBB tanggal 5 Oktober 2013,’’ jelasnya.

                Dijelaskannya, dari target penerimaan PBB Kota Mataram tahun 2013 sebesar Rp 11,7 miliar, terdapat kenaikan target sebesar Rp 684 juta dibandingkan target PBB tahun 2012 sebesar Rp 11 miliar atau naik 5,8 persen. Realisasi penerimaan PBB sampai bulan Agustus 2013 minggu ke IV mencapai Rp 5,3 miliar atau 45,39 persen. jika dibandingkan tahun lalu pada periode yang sama realisasi penerimaan mencapai Rp 5,1 miliar atau 46,89 persen yang berarti terjadi penurunan sebesar 1,5 persen. ‘’Mudah-mudahan setelah kegiatan gebyar PBB ini realisasi penerimaan PBB akan terus meningkat,’’ ujar Syakirin.

                Bersama para camat dan lurah juga telah disepakati dan berupaya agar ditahun 2013 realisasi penerimaan PBB dapat melampui target seperti halnya tahun lalu. Realisasi penerimaan PBB dari masing-masing kecamatan sampai dengan akhir bulan Agustus 2013 minggu ke IV, untuk Kecamatan Sekarbela terealisasi 59,65 persen dengan realisasi wajib pajak 18,01 persen.

                Kecamatan Mataram, terelisasi 41,46 persen dengan realisasi wajib pajak 22,89 persen. Kecamatan Selaparang terealisasi 44,94 persen dengan realisasi wajib pajak 19,58 persen. Kecamatan Ampenan terealisasi 46,77 persen dengan realisasi wajib pajak 25,01 persen. Kecamatan Sandubaya tercapai 50,04 persen dengan realisasi wajib pajak 23,77 persen, dan Kecamatan Cakranegara terealisasi 41,16 persen dengan realisasi wajib pajak 21,56 persen.

                Kelurahan  yang realisasi penerimaannya tertinggi sampai bulan Agustus minggu ke IV adalah Kelurahan Pagutan mencapai 99,38 persen. sedangkan kelurahan yang realisasi dari sisi wajib pajak tertinggi adalah Kelurahan Dasan Cermen mencapai 44,98 persen. ‘’Dalam rangka memotivasi kelurahan lainnya di Kota Mataram, kami usul perlu adanya penerimaan atau penghargaan bagi kelurahan yang mencapai 100 persen,’’ ujarnya.

                Dalam kegiatan ini, Pemkot Mataram melalui APBD Kota Matara menyediakan doorprize bagi wajib pajak berupa, hadiah utama umroh bagi enam orang dan beberap hadiah lainnya seperti sepeda, televisi serta uang tunai. ‘’Undian doorprize akan diundi pada saat penutupan gebyar PBB Kota Mataram tanggal 5 Oktober 2013,’’ tutupnya. (rin/nyem foto humas)

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramWebsite Pengaduan Online RakyatPot n Plot Smart CityWebsite jdih Kota MataramKecamatan Cakranegara Dalam Data 2018.pdfKecamatan Mataram Dalam Data 2018.pdfKecamatan Sandubaya Dalam Data 2018.pdfKecamatan Sandubaya Dalam Data 2018.pdfKecamatan Selaparang Dalam Data 2018.pdf111111111

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat