Tingkatkan Konsumsi Ikan dengan Lomba Masak Serba Ikan
07 September 2013 1,026 View

Tingkatkan Konsumsi Ikan dengan Lomba Masak Serba Ikan

Pemerintah Kota Mataram menggelar lomba masak serba ikan dan kontes ikan koi tingkat Kota Mataram tahun 2013. Lomba masak serba ikan yang digelar di halaman Kantor Walikota Mataram, Sabtu (7/9) diikuti 42 stand terdiri dari tim penggerak PKK, Gabungan Organisasi Wanita (GOW), Dharma Wanita Persatuan Kota Mataram, serta peminat makanan serba ikan baik pribadi maupun kelompok.

                Walikota Mataram H Ahyar Abduh dalam sambutannya mengatakan, lomba masak serba ikan merupakan upaya Pemkot Mataram untuk meningkatkan gizi masyarakat yang bersumber dari protein hewani, utamanya ikan. Menurutnya, di Provinsi NTB masih terjadi ketidakseimbangan konsumsi protein nabati dan hewani, utamanya protein hewani dari ikan dinilai masih minim.

                Untuk di Kota Mataram dengan jumlah penduduk mencapai 427 ribu jiwa lebih, masih dihadapkan pada kekurangan pasokan ikan sementara kebutuhan masyarakat terhadap ikan tergolong tinggi. Untuk itulah, kata Walikota, diperlukan upaya untuk meningkatkan hasil produksi ikan laut dan tawar, serta terus mendorong masyarakat untuk gemar mengkonsumsi protein yang bersumber dari ikan. ‘’Pemkot Mataram terus berupaya melakukan kegiatan-kegiatan konsumtif dan non konsumtif untuk meningkatkan tingkat konsumsi ikan di masyarakat,’’ kata Walikota.

                Sementara itu, dalam laporannya Kepala Dinas Pertanian Kelautan dan Perikanan Kota Mataram Ir HL Mazhuriadi mengatakan, kebijakan umum pembangunan kelautan dan perikanan Kota Mataram diarahkan pada pengembangan ekonomi kerakyatan, pemberdayaan usaha kecil dan menengah dan peningkatan nilai tambah, pemanfaatan potensi sumber daya alam, pengolahan dan pemasaran hasil perikanan serta kelautan.

                Melalui peningkatan konsumsi ikan, selain berpengaruh terhadap peningkatan kualitas SDM, juga akan meningkatkan pendapatan masyarakat khususnya nelayan, pembudidaya dan pengolah hasil perikanan. ‘’Gerakan memasyarakatkan makan ikan (Gemarikan) salah satu kegiatannya berupa lomba masak serba ikan. Tujuannya untuk mendorong peningkatan konsumsi ikan khususnya di Kota Mataram,’’ jelas Mazhuriadi.

                Selain itu, dengan semakin maraknya lomba masak serba ikan maka skan semakin banyak variasi menu serba ikan yang baru dan lebih inovatif untuk disajikan menjadi makanan sehari-hari dalam keluarga. Melalui lomba masak serba ikan diharapkan konsumsi ikan masyarakat semakin meningkat. Dimana pada tahun 2012, capaian tingkat konsumsi ikan di Kota Mataram adalah 23 kilogram perkapita pertahun dari sasaran 25 kilogram perkapita pertahun.

                Jenis masakan yang dilombakan adalah hidangan ikan untuk keluarga, dan hidangan ikan untuk balita. Tema lomba masak serba ikan tingkat Kota Mataram tahun 2013 adalah, Ayo Makan Ikan Agar Sehat Kuat dan Cerdas.

                Dalam kesempatan itu diserahkan pula bantuan pengembangan usaha mina usaha pedesaan perikanan budidaya dan pengembangan usaha mina pedesaan pengolahan dan pemasaran hasil perikanan. Penyerahan PUMP budidaya kepada lima KUB senilai masing-masing Rp 65 juta. Serta penyerahan PUMP budidaya kepada enam KUB senilai masing-masing Rp 50 juta.

                Di akhir kegiatan, diumumkan juara lomba masak serba ikan. Juara pertama diraih perwakilan dari Dinas Dikpora Kota Mataram, juara II PKK Turide, dan juara III Dinas Pekerjaan Umum (PU). Sedangkan juara harapan I diraih Dinas Kesehatan, harapan II Dharma Wanita Setda Kota Mataram, dan harapan III diraih Dikpora 2. Dewan juri juga memutuskan perwakilan dari Persatuan Istri Angkatan Darat (Persid) Kodim 1606/Lobar sebagai peserta favorit. Penyerahan hadiah kepada para juara dilakukan Ketua TP PKK Kota Mataram Hj Suryani Ahyar Abduh. (rin/nyem foto humas)

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramWebsite Pengaduan Online RakyatPot n Plot Smart CityWebsite jdih Kota MataramKecamatan Cakranegara Dalam Data 2018.pdfKecamatan Mataram Dalam Data 2018.pdfKecamatan Sandubaya Dalam Data 2018.pdfKecamatan Sandubaya Dalam Data 2018.pdfKecamatan Selaparang Dalam Data 2018.pdf111111111

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat