SELAPARANG CANANGKAN GERAKAN LISAN
May 13, 2014 7,571 View

SELAPARANG CANANGKAN GERAKAN LISAN

Permasalahan Sampah di Kota Mataram, tetap menjadi perhatian tersendiri bagi Pemerintah Kota Mataram. “Dengan jumlah penduduk yang dewasa ini telah melebihi 400 ribu jiwa, maka produksi sampah kota Mataram sekarang telah menyentuh angka 1200 m3/hari dan jumlah yang bisa tertangani hanya 800 m3/hari sehingga diperlukan sebuah terobosan baru dalam mengatasi masalah sampah terutama yang tidak tertangani tersebut, dan tentunya dengan memberdayakan masyarakat”,  seperti yang di utarakan oleh Walikota Mataram H. Ahyar Abduh dalam acara Peresmian Gerakan Menuju “LISAN” (Lingkungan dengan Sampah Nihil) di Kantor Camat Selaparang pada Rabu (4/4).
“Memang, sampah-sampah yang dikumpulkan Kelompok-kelompok Kerja (Pokja) dari PKK Kota Mataram yang ada di Kecamatan Selaparang disini akan di sortir dan selanjutnya untuk daur ulangnya kita bekerja sama dengan Bumi Pandaan Plastik dari Jawa Timur serta UD Ratna Plastik dari Jember Jawa Timur”, ungkap Camat Selaparang Drs. M. Saleh.
Dalam laporannya, M. Saleh juga menyampaikan bahwa “dengan gerakan ini, kami mencoba memanfaatkan sampah untuk kesejahteraan dan kami mempunyai kegiatan-kegiatan antara lain adalah : Barter sampah plastik dengan Raskin, kemudian Shodakoh Sampah Plastik, dan juga pengolahan sampah organik (kompos)”.
Untuk itu kelurahan Dasan Agung Baru akan menyediakan Pasar Organik untuk lebih memudahkan masyarakat dalam pendistribusian hasil pengolahan sampah organik tersebut.
Dalam acara yang juga dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD Kota Mataram H. Didi Sumardi tersebut, Ahyar Abduh kembali mengingatkan kepada masyarakat “Adipura bukan hanya masalah bagaimana cara kita mendapatkan Pialanya saja, tapi lebih kepada bagaimana menumbuhkan kesadaran pada masyarakat untuk menciptakan Mataram yang indah dan Bersih”.
Dalam peresmian Gerakan Menuju Lisan yang dilakukan oleh Walikota Mataram dan Wakil Ketua DPRD Kota Mataram tersebut juga akan diberangkatkan 1 ton sampah menuju Tempat Daur Ulang Plastik di Jember Jawa Timur, bahkan 2,5 ton sampah plastik telah diberangkatkan lebih dulu menuju Jember.(pun/hms)

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota MataramSMS CENTER Perwal Tata Naskah Dinas Pemerintah Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramPERATURAN WALIKOTA MATARAM TENTANG KODE ETIK ASNROAD MAP RB KOTA MATARAMBUKU STANDAR HARGA KOTA MATARAM TAHUN 2017Surat Edaran Libur Nasional 2017Edaran Cuti Tahun 2017

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat

Statistik Pengunjung

Hari Ini : 0 Visit
Kemarin : 0 Visit
Bulan Ini : 28,289 Visit
Tahun Ini : 66,215 Visit
Total : 68,935 Visit
Detail Statistik