IPHI Kota Mataram Gelar Bimbingan Manasik Haji Gratis
05 Juni 2012 598 View

IPHI Kota Mataram Gelar Bimbingan Manasik Haji Gratis

Pemerintah Kota Mataram bersama Ikatan Persaudaraan Haji Kota Mataram menggelar Manasik Haji Gratis bagi Calon Jamaah Haji Kota Mataram tahun 2012. Dalam Pembukaan Manasik Haji di Halaman Kantor Walikota Mataram, Sabtu 2 Juni 2012 dihadiri oleh 562 Jamaah Calon Haji Kota Mataram. Sekretaris IPHI Kota Mataram, H. Husnan Ahmadi, M.Pd menyebutkan, kegiatan tersebut rutin dilaksanakan  oleh IPHI Kota Mataram bersama Pemerintah Kota Mataram secara gratis. Hal ini guna semakin memudahkan para calon jamaah haji untuk semakin memahami syarat dan rukun haji. Pelaksanaan Manasik ini akan dipusatkan di empat lokasi yang akan dimulai tanggal 6 juni mendatang setiap hari rabu dan sabtu. Para Calon Jamaah Haji ini lanjutnya akan dibimbing oleh 12 orang Tuan Guru dan Pendamping. Keseluruhan biaya manasik haji yang akan ditutup pada tanggal 30 Juni di Asrama Haji ini ditanggung sepenuhnya oleh Pemerintah Kota Mataram.
Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Mataram, Drs. H. Badrun, M.Pd menyebutkan, jumlah calon jamaah haji Kota Mataram berdasarkan yang telah melunasi biaya perjalanan ibadah haji (BPIH) sebanyak 562 orang calon jamaah haji. Angka ini memungkinkan bertambah jika melihat dari sejumlah calon jamaah haji yang belum melunasi atau bahkan belum melengkapi sejumlah persyaratan. Tercatat pada Kantor Kementerian Agama Kota Mataram, 10 orang meninggal dunia, 23 orang pindah alamat, 2 orang batal berangkat, 37 orang belum memastikan keberangkatan. Dari 562 orang CJH tersebut 525 orang diataranya telah memiliki paspor dan 37 orang belum melengkapi persyaratan paspor karena harus mengganti dengan paspor yang menggunakan 3 suku kata.
Selain itu pula lanjutnya, disamping manasik yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Mataram bersama IPHI Kota Mataram, sesuai jadwal di Kantor Kementerian Agama, para CJH juga akan mendapatkan manasik haji sebanyak 11 kali di masing masing KUA dan diberikan 3 kali penyuluhan.
Ditempat yang sama, Walikota Mataram yang juga Ketua Umum IPHI Kota Mataram menegaskan komitmen Pemerintah Kota Mataram dalam memberikan pelayanan yang utama khususnya para CJH yang merupakan tamu agung sudah selayaknya mendapat perhatian khusus dari Pemerintah. Langkah menggelar Manasik Haji yang dananya bersumber dari APBD Kota Mataram ini menurutnya akan terus ditingkatkan setiap tahunnya. Jika melihat dari keikutsertaan manasik haji pada tahun tahun sebelumnya, banyak para calon jamaah haji dari kabupaten/kota lainnya yang turut serta dalam manasik haji yang dilaksanakan Pemerintah Kota Mataram.
Walikota juga menyerukan kepada para calon jamaah haji untuk lebih mengutamakan kegiatan manasik haji ini dibandingkan dengan keseharian lainnya. Pasalnya, dengan mengetahui syarat, rukun dan tata cara berhaji, diharapkan para CJH akan dapat lebih khusuk dalam menjalankan Rukun Islam yang ke lima tersebut. Dengan kekhusu’an dalam menjalankan ibadah haji, para CJH dapat meraih Haji yang Mabrur pungkas Walikota. (dh/yudhi foto humas)  

Agenda Kegiatan

Banner Link

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat