Temu Kota Pusaka (Taksa) 2013 Lahirkan Deklarasi Lombok
May 13, 2014 760 View

Temu Kota Pusaka (Taksa) 2013 Lahirkan Deklarasi Lombok

Temu Pusaka Indonesia (TAKSA) 2013 yang digelar sejak tanggal 12 September 2013 dan diisi dengan aktivitas kongres, diskusi, serta jelajah pusaka oleh anggota Badan Pelestarian Pusaka Indonesia (BPPI) di dua lokasi, Kota Mataram dan Kabupaten Lombok Utara, ditutup pada Minggu (15/09) di kawasan eks Pelabuhan Ampenan.

TAKSA 2013 yang diramaikan dengan lomba fotografi bertema "Ampenanku Kini" serta lomba melukis tingkat SD dan SMP ini ditutup dengan pelaksanaan Festival Ampenan dan Deklarasi Lombok oleh Badan Pelestarian Pusaka Indonesia (BPPI), yang merupakan perumusan hasil TAKSA 2013 setelah melalui rangkaian kunjungan jelajah pusaka dan diskusi oleh para anggota BPPI.

Meski tanpa kehadiran Gubernur Nusa Tenggara Barat TGH. Zainul Majdi seperti pada saat pembukaannya, tidak mengurangi kemeriahan acara penutupan TAKSA 2013. Rangkaian acara hiburan diantaranya pertunjukan kesenian tradisional Gendang Beleq dan seni kolaborasi warga tionghoa Barongsai, rupanya cukup menarik minat wisatawan-wisatawan asing untuk ikut menikmati, berbaur dengan warga masyarakat yang memadati lokasi acara.

Acara penutupan diakhiri dengan perjamuan makan yang dilaksanakan dengan cara "begibung". Perjamuan makan "begibung" yang merupakan satu bentuk kearifan lokal masyarakat suku Sasak untuk memupuk rasa kebersamaan ini diikuti oleh seluruh jajaran panitia pelaksana, para anggota BPPI, para mitra pelestari peserta TAKSA 2013, serta sejumlah Kepala SKPD lingkup Pemerintahan Kota Mataram, diantaranya Kepala Bappeda Kota Mataram Lalu Martawang dan Kepala Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Kota Mataram Cukup Wibowo, bahkan masyarakat yang mengikuti gelaran acara penutupan TAKSA 2013. (ufi-humas/foto.odink)

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota Mataram Perwal Tata Naskah Dinas Pemerintah Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramPERATURAN WALIKOTA MATARAM TENTANG KODE ETIK ASNROAD MAP RB KOTA MATARAMBUKU STANDAR HARGA KOTA MATARAM TAHUN 2017Surat Edaran Libur Nasional 2017Edaran Cuti Tahun 2017Logo HUT RI yang ke-72BANNER HUT RI Ke-72HUT KOTA MATARAM KE-24Website Pengaduan Online RakyatPot n Plot Smart City

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat

Statistik Pengunjung

Hari Ini : 1,369 Visit
Kemarin : 3,737 Visit
Bulan Ini : 82,179 Visit
Tahun Ini : 256,370 Visit
Total : 259,090 Visit
Detail Statistik