Pemkot Mataram dan PMI Kota Mataram Tandatangani MoU Unit Pengelolaan Sampah
18 September 2013 722 View

Pemkot Mataram dan PMI Kota Mataram Tandatangani MoU Unit Pengelolaan Sampah

             Palang Merah Indonesia (PMI) dengan dukungan dukungan pendanaan Palang Merah America (American Red Cross/ARC) dan OFDA USAID sejak Oktober 2012 sampai dua tahun ke depan, melaksanakan orogram pengurangan resiko terpadu berbasis masyarakat (Pertama) di empat kabupaten/kota di tiga provinsi terpilih. Yakni Kota Mataram dan Kabupaten Lombok Barat, Kabupaten Cilacap (Jawa Tengah) dan Kabupaten Aceh Jaya (Aceh).

                Sebagai salah satu upaya pengurangan resiko bencana, di dalam program Pertama dilakukan upaya peningkatan kesadaran masyarakat di wilayah dampingan yaitu Kelurahan Jempong Baru terkait upaya pengolahan sampah. Terkait itu, PMI Kota Mataram dan Pemkot Mataram bersepakat untuk menginisiasi pendirian proyek percontohan Unit Pengolahan Sampah (UPS), dengan mengajak masyarakat ikut berpartisipasi, mengelola dan mengembangkannya dengan skala yang lebih besar. Dalam kesempatan City Sanitation Summit (CSS) dan Musyawarah Nasional (Munas) Aliansi Kabupaten Kota Peduli Sanitasi (Akkopsi) ke II di Hotel Lombok Raya, Rabu (18/9), dilakukan penandatangan MoU antara Pemkot Mataram dan PMI Kota Mataram tentang pengelolaan sampah disaksikan ratusan perwakilan daerah Kabupaten/Kota peserta CSS Munas Akkopsi.

                UPS yang digagas terwujud melalui sharing pendanaan antara Pemkot Mataram dan PMI Kota Mataram melalui dukungan ARC dan OFDA USAID dalam penyediaan lahan, proses desain konstruksi, administrasi perijinan, pelaksanaan konstruksi, penyediaan infrastruktur dasar, penyediaan peralatan utama, alat kerja dan pendukung operasional pengelolaan, serta paket pelatihan bagi operator dan pengelola.

                Ketua Umum PMI Kota Mataram yang juga Wakil Walikota Mataram H Mohan Roliskana berharap, dengan adanya UPS akan memberikan manfaat besar untuk masyarakat. Jika nantinya UPS sudah siap beroperasional, pengelolaannya diserahkan kepada masyarakat sehingga dinas terkait tinggal melakukan pendampingan. ‘’PMI melalui ARC juga bersedia membantu dalam tahap awal operasional,’’ ujar H Mohan.

              PMI dan Pemkot Mataram dengan dukungan teknis dai ARC akan memberikan keterampilan pengolahan sampah, manajemen unit pengolahan sampah, pemasaran kompos dan kerajinan dengan bahan baku sampah sebagai hasil utama pengolahan sampah organic dan anorganik, baik kepada operator, pengelola dan masyarakat dampingan. Saat ini Pemkot Mataram telah menyediakan lahan 5 are untuk tempat Unit Pengelolaan Sampah.  (rin/nyem ft humas)

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramWebsite Pengaduan Online RakyatPot n Plot Smart CitySSH Kota Mataram Tahun 2018Kota Mataram Dalam Data Tahun 2017Kecamatan Cakranegara Dalam DataKecamatan Ampenan Dalam DataKecamatan Mataram Dalam DataKecamatan Sandubaya Dalam DataKecamatan Sekarbela Dalam DataKecamatan Selaparang Dalam DataWebsite jdih Kota MataramBanner MNEK 2018

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat

Statistik Pengunjung

Hari Ini : 2,383 Visit
Kemarin : 2,716 Visit
Bulan Ini : 72,387 Visit
Tahun Ini : 379,707 Visit
Total : 962,566 Visit
Detail Statistik