Sanimas di Rungkang Jangkuk dikunjungi peserta CSS Akkopsi
22 September 2013 1,253 View

Sanimas di Rungkang Jangkuk dikunjungi peserta CSS Akkopsi

MCK plus++ yang dikelola KSM Rungkang Asri menjadi salah satu dari tiga obyek kunjungan peserta City Sanitation Summit (CSS) 2013. Selepas mengikuti rangkaian acara CSS 2013 yang digelar di Ballroom Hotel Lombok Raya Mataram pada Rabu (18/9), rombongan peserta asal kabupaten/kota anggota CSS I dari seluruh Indonesia  tiba di lokasi yang menggunakan dua buah bus ini disambut oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Mataram Usman Hadi dan Camat Cakranegara M. Salman Rusdi di fasilitas sanitasi bersama milik warga Lingkungan Rungkang Jangkuk Kelurahan Sayang Sayang Kecamatan Cakranegara.

Dalam pengantar yang disampaikan Camat Cakranegara M. Salman Rusdi sesaat sebelum rombongan meninjau langsung fasilitas sanitasi komunal ini, dijelaskan bahwa MCK yang merupakan program Sanitasi berbasis Masyarakat (SaniMas) ini dibangun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat setempat atas fasilitas sanitasi yang memadai. Di lingkungan berpenduduk 386 kepala keluarga (KK) ini, baru sekitar 220 KK yang memiliki jamban keluarga. Sehingga masalah sanitasi akibat terbatasnya kepemilikan jamban keluarga ini harus segera mendapat penanganan. Karenanya lingkungan perajin cukli ini mendapat sentuhan program nasional SaniMas Reguler MCK Plus++ yang didanai oleh APBN ini. "Sedangkan sumber pembiayaan untuk operasional, disediakan kotak iuran sukarela bagi siapapun warga yang menggunakan fasilitas ini", terang Salman.

SaniMas Reguler MCK Plus++ yang menggunakan sumber air dari mata air Lingkuk Nunang ini lanjut Salman, dilengkapi dengan unit pengolahan air limbah bersistem bio-digester, bak peluap sebagai penyeimbang volume gas di unit digester, bak sedimentasi atau bak pengendap, dan anaerobic baffle reactor atau septictank bersusun dengan aliran air up-flow yang memungkinkan pengurangan tingkat polusi limbah sampai dengan 80%. Gas hasil fermentasi dari pengolahan limbah organik semacam ini dapat dimanfaatkan sebagai bahan bakar pengganti elpiji.

Dari peninjauan oleh peserta CSS 2013, peserta tampak tertarik dengan adanya awik-awik tentang BAB sembarangan yang diberlakukan di Lingkungan Rungkang Jangkuk, seperti dilihat peserta di dinding MCK. Dalam awik-awik yang merupakan sebuah bentuk kearifan lokal ini disebutkan bahwa apabila masih ada warga setempat yang kedapatan BAB sembarangan akan dikenakan sanksi awal berupa teguran secara lisan oleh Lembaga Kemasyarakatan Lingkungan (LKL) dan dapat ditingkatkan dengan pengenaan sanksi administrasi pada saat yang bersangkutan membutuhkan pelayanan administrasi di Lingkungan. Bila yang bersangkutan belum membutuhkan pelayanan administrasi atau belum dewasa, sanksi diberlakukan kepada orangtua/keluarga yang menanggung sesuai dengan Kartu Keluarga. (ufi foto humas)

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramWebsite Pengaduan Online RakyatPot n Plot Smart CitySSH Kota Mataram Tahun 2018Kota Mataram Dalam Data Tahun 2017Kecamatan Cakranegara Dalam DataKecamatan Ampenan Dalam DataKecamatan Mataram Dalam DataKecamatan Sandubaya Dalam DataKecamatan Sekarbela Dalam DataKecamatan Selaparang Dalam DataWebsite jdih Kota MataramBanner MNEK 2018

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat

Statistik Pengunjung

Hari Ini : 2,374 Visit
Kemarin : 2,716 Visit
Bulan Ini : 72,378 Visit
Tahun Ini : 379,698 Visit
Total : 962,557 Visit
Detail Statistik