Pemkot dan KPU Kota Mataram Gelar Rakor Persiapan Pemilu Legislatif
May 13, 2014 661 View

Pemkot dan KPU Kota Mataram Gelar Rakor Persiapan Pemilu Legislatif

Menjelang pelaksanaan pemilihan umum legislative DPR, DPD dan DPRD tahun 2014, KPU Kota Mataram bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Mataram menggelar rapat koordinasi di aula Pendopo Wali Kota Mataram, Kamis (26/9). Rapat digelar untuk mewujudkan keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat di Kota Mataram serta tindak lanjut Peraturan KPU nomor 15/2003 tentang Pedoman Pelaksanaan Kampanye Pemilu Legislatif DPR, DPD dan DPRD tahun 2014.

                Rakor dihadiri Wali Kota Mataram H Ahyar Abduh, Wakil Wali Kota Mataram H Mohan Roliskana, Wakapolres Mataram, Danlanal, seluruh camat dan lurah se-Kota Mataram, serta sejumlah kepala SKPD lingkup Pemkot Mataram.

                Dalam arahannya, Wali Kota Mataram H Ahyar Abduh mengatakan, terdapat dua hal penting dalam Rakor kali ini, yakni implementasi di lapangan terkait Instruksi Presiden nomor 2/2013 tentang penanganan gangguan keamanan dalam negeri, serta tindaklanjut Peraturan KPU nomor 15/2013. ‘’Sesuai Inpres, Kota Mataram telah melakukan langkah-langkag koordinatif dengan membentuk tim terpadu keamanan dan ketertiban di Kota Mataram. Hasilnya, kondisi Kota Mataram tetap kondusif dan sejumlah agenda kegiatan sudah terlaksana dengan sukses,’’ kata Wali Kota.

                Terhadap keluarnya Peraturan KPU nomor 15/2013, Wali Kota meminta agar segera dilaksanakan. Seharusnya, peraturan tersebut sudah dilaksanakan setelah satu bulan dari diundangkannya Peraturan KPU nomor 15/2013 tertanggal 22 Agustus 2013. ‘’Sekarang ini sudah mendesak untuk segera mengaplikasikan Peraturan KPU nomor 15/2013 tentang tahapan pemilu legislative dan pemilu presides tahun 2014,’’ ujar H Ahyar Abduh.

                Dalam kesempatan itu, Wali Kota juga menyinggung keberadaan alat peraga kampanye. Ia meminta KPU Kota Mataram bisa segera menetapkan zonasi untuk pemasangan alat peraga kampanye. ‘’Zonasi ini sangat penting, bukan hanya menjaga estetika dan keindahan tetapi juga agar tidak muncul konflik akibat pemasangan alat peraga kampanye,’’ kata Wali Kota.

                Sementara itu, Ketua KPU Kota Mataram Ahmad Gunawan menjelaskan, Peraturan KPU nomor 15/2013 memberikan kesempatan yang sama kepada semua partai politik untuk memperoleh keadilan dan kesetaraan. Calon peserta pemilu juga memiliki kesempatan yang sama untuk memasang alat peraga kampanye dengan ditetapkannya zonasi. ‘’Setiap satu peserta pemilu hanya diberikan kesempatan memasang satu alat peraga di zona yang sudah ditentukan Pemkot Mataram dan KPU,’’ jelas Ahmad Gunawan.

                Untuk itulah, lanjut dia, diperlukan koordinasi antara KPU dengan Pemkot Mataram mengingat Kota Mataram juga memiliki Peraturan Wali Kota (Perwal) yang mengatur tentang zonasi pemasangan atribut kampanye. ‘’Perwal dan Peraturan KPU perlu disingkronisasi sehingga pemasangan BUS (baliho, umbul-umbul dan spanduk) lebih teratur,’’ ujarnya.

                KPU Kota Mataram merencanakan, zonasi pemasangan alat peraga kampanye dilakukan perkelurahan. Sehingga memberikan kesempatan kepada peserta pemilu untuk lebih dekat dengan konstituen. ‘’Jumlah peserta pemilu legislative di Kota Mataram sebanyak 474 orang. Untuk itu perlu ditata dan dibutuhkan ketelitian mengingat tempatnya juga terbatas,’’ kata Ahmad Gunawan. (rin/nyem foto humas)

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota Mataram Perwal Tata Naskah Dinas Pemerintah Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramPERATURAN WALIKOTA MATARAM TENTANG KODE ETIK ASNROAD MAP RB KOTA MATARAMBUKU STANDAR HARGA KOTA MATARAM TAHUN 2017Surat Edaran Libur Nasional 2017Edaran Cuti Tahun 2017Logo HUT RI yang ke-72BANNER HUT RI Ke-72HUT KOTA MATARAM KE-24Website Pengaduan Online RakyatPot n Plot Smart Cityspanduk KONBES NU

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat

Statistik Pengunjung

Hari Ini : 2,154 Visit
Kemarin : 4,171 Visit
Bulan Ini : 77,830 Visit
Tahun Ini : 385,327 Visit
Total : 388,047 Visit
Detail Statistik