Dikes Harus Mampu Ciptakan Lansia Sehat dan Produktif
07 Juni 2012 961 View

Dikes Harus Mampu Ciptakan Lansia Sehat dan Produktif

Wakil Walikota Mataram H. Mohan Roliskana S,Sos menegaskan agar Dinas Kesehatan (Dikes) Kota Mataram harus mampu mencipkan masyarakat lanjut usia (Lansia) menjadi lansia yang sehat dan produktif.  “Oleh karena itu, Karang Lansia yang berada pada setiap Puskesmas di Kota Mataram harus terus diperkuat, didukung dan diperhatikan,” katanya dalam acara Peringatan Hari Lansia  tahun 2012 di Kelurahan Gegutu Timur Kecamatan Selaparang, Kamis (7/6).

          Wakil Walikota menilai program Karang Lansia yang merupakan wadah perkumpulan lansia sekaligus menjadi tempat pembinaan berbagai kegiatan yang sangat penting bagi lansia. Dimana Karang Lansia dapat memberikan berbagai penyuluhan tentang upaya hidup sehat. “Kegiatan ini merupakan ikhtiar kita agar para lansia memiliki umur panjang, sehat dan tetap produktif,” katanya.

          Sementara Kepala Dinas Kesehatan (Dikes) Kota Mataram, dr. H. Usmanhadi mengatakan, data Dikes Kota Mataram menyebutkan jumlah lansia sekitar 73 ribu, namun yang masuk dalam perkumpulan Karang Lansia adalah lansia yang berusia antara 55-60 tahun. Adapun program-program yang dilaksanakan dalam karang lansia meliputi,  pemeriksaan kesehatan, pemberian makanan tambahan bagi lansia, pemeriksaan tulang, senam lansia dan penyuluhan tentang kesehatan.

          Di samping itu, empat Puskesmas di Kota Mataram yakni Puskesmas Selaparang, Tanjung Karang, Pagesangan dan Puskesmas Ampenan saat ini sudah bersatus sentra lansia. Dengan demikian diharapkan, keberadaan lansia di Kota Mataram dapat terpantau secara maksimal.

          Peringatan Hari Lansia dimeriahkan dengan berbagai macam lomba yang diikuti sekitar 80 lansia dari Karang Lansia Ar-Rahmah, meliputi lomba memancing, lomba memindahkan belut, memasukan paku dalam botol, dan merias wajah. Dalam kesempatan itu juga, Wakil Walikota Mataram berkesempatan menyerahkan  hadiah bagi pemenang lomba dan memberikan bingkisan makanan tambahan secara simbolis kepala 80 lansia yang hadir. (nir/dina foto humas

Agenda Kegiatan

Banner Link

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat