FKUB Kota Banjarmasin Kunjungi Kota Mataram
May 13, 2014 522 View

FKUB Kota Banjarmasin Kunjungi Kota Mataram

Kesamaan kondisi penduduk yang heterogen menarik perhatian Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Banjarmasin untuk berkunjung ke Pemkot Mataram. Rombongan diterima Wakil Walikota Mataram H Mohan Roliskana, didampingi Kepala Bakesbangpol Kota Mataram H Bondan Wisnujati beserta seluruh jajaran FKUB Kota Mataram, di Ruang Kenari Kantor Walikota Mataram, Jumat (18/10).

Dalam sambutan penerimaannya, Wakil Walikota Mataram H Mohan Roliskana memberikan gambaran seputar kondisi Kota Mataram. Sebagai ibukota Provinsi NTB, Kota Mataram memiliki penduduk yang berasal dari berbagai etnis. Heterogenitas penduduk, kata Wakil Walikota, berpotensi memunculkan gesekan dan konflik komunal. Karenanya dibutuhkan pendekatan sistematis untuk mencari upaya pencegahan, serta penyelesaian konflik. ‘’Dinamika sebuah kota besar mulai terjadi di Kota Mataram. Semua titik-titik kerawanan telah dipetakan untuk dicarikan solusi secara permanen jika muncul konflik,’’ jelas H Mohan.

Sementara itu, Kepala Bakesbangpol Kota Banjarmasin Drs Hermansyah menjelaskan, tujuan kedatangan rombongan FKUB dan Bakesbangpol Kota Banjarmasin dimaksudkan untuk bersilaturahmi dengan jajaran Pemkot Mataram. Jalinan komunikasi yang terjalin antar kedua daerah dan institusi bisa menjadi kerjasama berkelanjutan yang saling menguntungkan. Dipilihnya Mataram sebagai tujuan kunjungan kerja, menurut Hermansyah, karena antara Kota Mataram dan Kota Banjarmasin memiliki kesamaan. Baik dari segi penduduk yang heterogen maupun masalah perkotaan yang dialami kedua daerah hampir sama. ‘’Dari kunjungan ini kita akan dapat solusi yang bisa diterapkan di Kota Banjarmasin,’’ kata Hermansyah.

Kondisi Kota Banjarmasin digambarkan Hermansyah di hadapan jajaran FKUB Kota Mataram dan Wakil Walikota. Sebagai ibukota Provinsi Kalimantan Selatan, Banjarmasin dikenal juga dengan sebutan kota 1000 sungai. Kota Banjarmasin telah berusia 487 tahun per 24 September 2013 lalu. berpenduduk 700 ribu jiwa, dengan luas wilayah 97,147 kilometer persegi. ‘’Kota Banjarmasin memiliki lima kecamatan dan 52 kelurahan,’’ jelasnya. (rin/nyem foto humas)

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota Mataram Perwal Tata Naskah Dinas Pemerintah Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramPERATURAN WALIKOTA MATARAM TENTANG KODE ETIK ASNROAD MAP RB KOTA MATARAMBUKU STANDAR HARGA KOTA MATARAM TAHUN 2017Surat Edaran Libur Nasional 2017Edaran Cuti Tahun 2017Logo HUT RI yang ke-72BANNER HUT RI Ke-72HUT KOTA MATARAM KE-24Website Pengaduan Online RakyatPot n Plot Smart Cityspanduk KONBES NU

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat

Statistik Pengunjung

Hari Ini : 2,634 Visit
Kemarin : 4,381 Visit
Bulan Ini : 82,691 Visit
Tahun Ini : 390,188 Visit
Total : 392,908 Visit
Detail Statistik