Beranda - Situs Resmi Pemerintah Kota Mataram
Tanggap Bencana, Pemkot Gelar Apel Siaga
24 Oktober 2013 830 View

Tanggap Bencana, Pemkot Gelar Apel Siaga

Komitmen Pemerintah Kota Mataram dalam upaya penanggulan bencana di Kota Mataram, di apresiasikan dalam bentuk digelarnya Apel Siaga Bencana tingkat Kota Mataram yang dilaksanakan di halaman Kantor Walikota Mataram pada Rabu (23/10).   Dalam Apel Siaga yang diikuti oleh sekitar 550 orang peserta itu, Kepala Pelaksana BPBD Kota Mataram, H. M. Kemal Islam menyampaikan, “Penanggulangan bencana di Kota Mataram melibatkan semua pihak. Mulai dari Pemerintah Daerah, lembaga-lembaga usaha hingga masyarakat. Kami juga melibatkan dari unsur TNI, Polri, SKPD Pemkot Mataram, Menwa dan relawan bencana yang berasal dari masyarakat.”    “Selain itu kami juga telah melaksanakan penyuluhan, perekrutan relawan, pelaksanaan planning posko, koordinasi persiapan logistik, koordinasi persiapan alat-alat, hingga piket terpadu sebagai antisipaasi terhadap datangnya musim hujan yang biasanya disertai angin barat” jelasnya.

Walikota Mataram, H. Ahyar Abduh dalam pidatonya menyampaikan, “Berbagai upaya  sosialisasi dan antisipasi, baik secara fisik maupun mental harus terus dilakukan, sehingga jika terjadi bencana, warga masyarakat sudah memiliki pemahaman dan pengetahuan dalam upaya penyelamatan diri dan evakuasi terhadap warga lainnya. Kegiatan ini merupakan salah satu cara meningkatkan kesadaran masyarakat, bahwa upaya mengurangi risiko harus dilakukan mengingat besarnya kerugian akibat kejadian setiap bencana.”.

Dalam kesempatan tersebut Ahyar juga menyematkan atribut piket siaga secara simbolis kepada para relawan bencana, dilanjutkan dengan melakukakn teleconfrence dengan Sutopo, Kepala Pusat Data BNPB Pusat. Walikota berkoordinasi dengan COMOB (Communication Mobile) yang dapat melaporkan secara langsung baik melalui audio maupun video dari lokasi kejadian. Kesempatan Teleconference dimanfaatkan Walikota untuk memaparkan kesiapsiagaan sekaligus tentang kondisi kota Mataram serta potensi bencana yang mungkin terjadi di Kota Mataram.  Mobil seharga tidak kurang dari 3 milyar tersebut merupakan bantuan dari BNPB pusat. Dilengkapi dengan alat komunikasi yang boleh dibilang lengkap seperti : RIG, SSB, Portable Repeater, GPS + telpon satelit, dan kamera video, dan terhubung langsung ke Pasifik Satelit Nusantara sehingga aksesnya menjadi lebih luas.

Walikota juga melakukan pemeriksaan sarana dan prasarana kelengkapan dan kesiapsiagaan bencana Kota Mataram, bahkan H. Ahyar Abduh menyempatkan diri mengendarai salah satu Sepeda motor operasional BPBD Kota Mataram. (pun/dik)

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramWebsite Pengaduan Online RakyatPot n Plot Smart CityWebsite jdih Kota MataramKecamatan Cakranegara Dalam Data 2018.pdfKecamatan Mataram Dalam Data 2018.pdfKecamatan Sandubaya Dalam Data 2018.pdfKecamatan Selaparang Dalam Data 2018.pdfKecamatan Ampenan Dalam Data 2018Kota Mataram Dalam Data 2018Kecamatan Sekarbela Dalam Data 2018

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat