Walikota Buka Pameran Kreatif Dan Kuliner Nusantara Fkma Asia
25 Oktober 2013 855 View

Walikota Buka Pameran Kreatif Dan Kuliner Nusantara Fkma Asia

Bertempat di Taman Sangkareang Kota Mataram, Jumat sore (25/10) Walikota Mataram H. Ahyar Abduh membuka Pameran Kreatif dan Kuliner Nusantara yang merupakan rangkaian kegiatan Festival Keraton dan Masyarakat  Adat (FKMA)  Asia Tenggara II.

 Kegiatan pembukaan pameran ditandai dengan pengguntingan pita oleh Ketua TP PKK Kota Mataram, Hj. Suryani Ahyar Abduh, yang disaksikan oleh seluruh jajaran pejabat lingkup Pemerintah Kota Mataram, serta sejumlah pejabat provinsi NTB.

                Sebelumnya, dalam sambutannya Walikota Mataram menilai, kegiatan pameran ini merupakan  ajang promosi yang efektif bagi Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Industri Kecil Menengah (IKM) Kota Mataram.  Pameran ini juga,  menjadi wadah bertukar informasi terkait dengan produksi masing-masing UKM dan IKM yang datang dari luar daerah di Indonesia, serta untuk memperkenalkan budaya-budaya timur kepada para tamu.

Pasalnya, puluhan Raja-Raja, Sultan, Datok, Datu, Pengelinsir bahkan permaisuri dari berbagai daerah dan negara ASEAN akan hadir dalam puncak kegiatan Festival Keraton dan Masyarakat Adat Se Asia Tenggara II. Walikota mengatakan,  para Raja, Sultan, Datok dan datu sebagai pemangku kerajaan tentu banyak mewarisi peninggalan-peninggalan sejarah, terutama tradisi nilai-nilai adat istiadat yang perlu dilestarikan.  "Apalagi saat ini masyarakat sudah dihadapkan dengan perkembangan global, shingga pelestarian budaya-budaya sangat penting," jelasnya.

Sementara  Ketua Panitia Festival Keraton dan Masyarakat Adat (FKMA) Asia Tenggara II, Lalu Satriawangsa mengatakan, dalam pameran kreatif dan kuliner FKMA Asia Tenggara II ini, pihaknya menyiapkan 35 stan bagi para pemilik UKM dan IKMdi Kota Mataram, peserta FKMA Asia Tenggara, dan menyediakan stan khusus untuk ASEAN.

Kegiatan pameran ini dimaksudkan untuk promosi potensi ekonomi kerakyatan khususnya melalui bidang kuliner, sehingga memberikan nilai tambah bagi masyarakat.   "Selain pameran kuliner ini, kita juga membuka pameran benda-benda pusaka dan kitab kuno pada saat kegiatan jamuan makan malam di Pendopo Wali Kota Mataram (bale beleq), Jumat malam (25//10)," ungkapnya.

Disisi lain, lalu Satriawangsa mengatakan, sejauh ini para tamu yang sudah datang sekitar 80 persen dari 70 perwakilan kerajaan dan keratin yang di Indonesia, bersama dengan pengawal dan tim seni budaya. “Namun tamu-tamu dari luar negeri, hingga kini belum ada yang datang, namun hampir semua menyatakan sangat mengapresiasi kegiatan FKMA Asia Tenggara II ini,” jelasnya.

Usai kegiatan pembukaan, Walikota beserta istri dan seluruh tamu undangan melanjutkan kegiatan kunjungan ke sejumlah stan produk-produk unggulan lokal dan luar daerah. (nir/odink fto humas)

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramWebsite Pengaduan Online RakyatPot n Plot Smart CitySSH Kota Mataram Tahun 2018Kota Mataram Dalam Data Tahun 2017Kecamatan Cakranegara Dalam DataKecamatan Ampenan Dalam DataKecamatan Mataram Dalam DataKecamatan Sandubaya Dalam DataKecamatan Sekarbela Dalam DataKecamatan Selaparang Dalam DataWebsite jdih Kota MataramBanner TEST MNEK 2018Desain Banner HUT RI 73Desain Banner HUT Kota 25

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat