Festival Keraton dan Masyarakat Adat Asia Tenggara II Sedot Perhatian Masyarakat
26 Oktober 2013 892 View

Festival Keraton dan Masyarakat Adat Asia Tenggara II Sedot Perhatian Masyarakat

Perhelatan Festival Keraton dan Masyarakat Adat (FKMA) Asia Tenggara II yang digelar di Mataram, Nusa Tenggara Barat, 25-28 Oktober 2013 menyedot perhatian warga masyarakat tidak hanya yang berasal dari Kota Mataram namun juga dari sejumlah Kabupaten Kota di NTB. Dalam Acara Pembukaan yang digelar di Lapangan Umum Sangkareang Mataram, sejumlah Raja, Sultan dan Pemangku Adat se Nusantara hadir dengan sejumlah pendukung adat dan budaya dari wilayah masing masing.

Ketua Panitia Penyelenggara FKMA Asia Tenggara II, Lalu Satriawangsa menyebutkan, tidak kurang dari 80 delegasi yang berasal dari Kerajaan se Nusantara mengikuti kegiatan yang digelar untuk kedua kalinya ini. disamping itu tidak kurang dari 600 peserta juga turut ambil bagian dalam perhelatan ini untuk memertunjukkan kesenian dan kebudayaan yang dimiliki masing masing Kerajaan. Sejumlah kegiatan yang merupakan rangkaian dari Festival yang digelar selama 4 hari ini diantaranya Pameran Ekonomi Kreatif dan Kuliner, Seminar ASEAN Community, Parade dan Gelar Budaya serta Sarasehan Budaya.

Sementara itu Direktur Jenderal Kerjasama ASEAN Kementerian Luar Negeri RI, I Gusti Agung Wesaka Puja menyebutkan, Festival Keraton dan Masyarakat Adat Asia Tenggara merupakan salah satu bagian dari perwujudan menuju Komunitas ASEAN tahun 2015 mendatang. Desain Komunitas ASEAN lanjutnya meliputi 3(tiga) Pilar yakni Politik-Keamanan, Komunitas Ekonomi dan Komunitas Sosial Budaya. Penyelenggaraan kegiatan ini merupakan salah satu bentuk nyata dalam menyongsong era baru yakni Komunitas ASEAN 2015. Keputusan ini telah diambil 10 Kepala Negara ASEAN pada KTT ASEAN ke 21 di Kamboja dan secara resmi akan dimulai pada tanggal 31 Desember 2015.

Guna mewujudkan Komunitas ASEAN tersebut lanjut Dirjen Kerjasama ASEAN tidaklah sulit. Negara Negara di Asia Tenggara memiliki banyak kesamaan dan memiliki rumpun yang sama sehingga mudah untuk dipersatukan.

Dalam Sambutannya, Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat. H. Muhammad Amin sangat bergembira dan bersyukur, Nusa Tenggara Barat dapat ditunjuk sebagai Tuan Rumah Penyelenggaraan Festival Keraton dan Masyarakat Adat Asia Tenggara II di Mataram. Langkah Pemerintah Pusat bersama Negara Negara yang tergabung dalan ASEAN juga harus didukung oleh Pemerintah Daerah. Upaya menjalin persatuan dan kesatuan melalui seni dan budaya telah berhasil ditunjukkan dengan berkumpulnya para Raja, Sultan dan Pemangku Adat se Nusantara serta dari Negara tetangga. Dirinya juga berkeyakinan bahwa komunitas ASEAN yang diharapkan akan mampu terwujud dikarenakan komitmen yang kuat dari seluruh pihak terutama dari para Raja, Sultan dan Pemangku Adat yang telah menghasilkan Deklarasi Mataram.

Pada acara Pembukaan tersebut ditampilkan sejumlah kesenian seperti Tarian Massal dan Tarian Kemos Mandalika serta parade budaya dari Kerajaan dan Kesultanan se Nusantara. Diakhir acara, Wakil Gubernur dan Walikota Mataram mendapat Kehormatan untuk mendapatkan Pin Penghargaan menjadi Warga Kampung Selangor Malaysia dari Raja Selangor.(dh/dik foto  humas)

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramWebsite Pengaduan Online RakyatPot n Plot Smart CitySSH Kota Mataram Tahun 2018Kota Mataram Dalam Data Tahun 2017Kecamatan Cakranegara Dalam DataKecamatan Ampenan Dalam DataKecamatan Mataram Dalam DataKecamatan Sandubaya Dalam DataKecamatan Sekarbela Dalam DataKecamatan Selaparang Dalam DataWebsite jdih Kota MataramBanner TEST MNEK 2018Desain Banner HUT RI 73Desain Banner HUT Kota 25

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat