Pemkab Belitung Timur Pelajari Pariwisata Kota Mataram
08 Juni 2012 662 View

Pemkab Belitung Timur Pelajari Pariwisata Kota Mataram

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Belitung Timur mengunjungi Kota Mataram guna mempelajari peta potensi Pariwisata di Kota Mataram. Ketua Rombongan yang juga Wakil Ketua 1 DPRD Kabupeten Belitung Timur, Tom Hariyono Harun menyebutkan, pihaknya melakukan kunjungan kerja ke Kota Mataram atas dasar perkembangan pariwisata di pulau seribu masjid ini berkembang dengan pesat. Pasalnya, potensi pariwisata dari Nusa Tenggara Barat kerap ditayangkan televisi Nasional.
Berbekal luas wilayah 200 ribu hektar dengan jumlah penduduk 105 ribu jiwa, Pemerintah Kabupaten Belitung Timur kini mencoba terus menggiatkan sektor pariwisata sebagai potensi pendapatan asli daerah selain sektor tambang, dan perkebunan sawit.
Sebelumnya, Pulau Bangka Belitung sudah lebih dulu terkenal dengan sebutan Pulau Laskar Pelangi. Pasalnya kedua pulau tersebut telah menjadi lokasi syuting Film Fenomenal Besutan Sutradara Riri Riza yang diambil dari Novel Tetralogi Fenomenal karangan Andrea Hirata.
Sementara, Pemerintah Kota Mataram yang diwakili Sekda Kota Mataram, HL Makmur Said, menyebutkan, sektor pariwisata menyumbang 30-40 persen bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD). Perkembangan sektor pariwisata terlihat dari perkembangan tingkat hunian hotel dan  yang berimplikasi pada sektor lainnya seperti industri kerajinan dan kuliner.
Sekda menambahkan, sejak masih beroperasinya Bandara Selaparang, menjadi gerbang masuk para wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Namun dengan perpindahan ke Bandara Internasional Lombok (BIL) di Kabupaten Lombok Tengah, kini Pemerintah Kota Mataram lebih menggiatkan sektor pariwisata MICE (Meeting, Incentive, Convention and Exebition). Hal tersebut terbukti dengan maraknya penyelenggaran sejumlah even skala Nasional maupun Internasional yang digelar di Kota Mataram. Bahkan pada akhir Juni ini, Kota Mataram menjadi tuan rumah perayaan Hari Keluarga Nasional (Harganas) pungkas Sekda . (dh/ foto humas)  

Agenda Kegiatan

Banner Link

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat