Pemkot Mataram dan PMI Kampanyekan Green and Clean
27 Oktober 2013 921 View

Pemkot Mataram dan PMI Kampanyekan Green and Clean

Ratusan relawan KSR, anggota Palang Merah Indonesia (PMI) se Kota Mataram bersama warga sekitar Lingkungan Karang Banjar dan Lingkungan Karang Buyuk bergotong royong membersihkan saluran yang melintasi wilayah tersebut, Minggu (27/10). Hadir pula ikut bergotong royong, Wakil Walikota Mataram H Mohan Roliskana yang juga Ketua PMI Kota Mataram, Ketua PMI Provinsi NTB L Mesir Suryadi, sejumlah kepala SKPD, camat dan lurah. Selain bergotong royong, kegiatan juga diisi dengan pencanangan kampanye green and clean Kota Mataram, peletakan batu pertama pembangunan Unit Pengolahan Sampah (UPS), dan penanaman pohon cemara.

Menurut Ketua PMI Kota Mataram H Mohan Roliskana, kegiatan yang dilaksanakan kali ini merupakan bentuk keterlibatan PMI dalam menangani isu-isu strategis, utamanya strategi untuk mitigasi bencana. Sebagai gerakan awal, kampanye green and clean dilaksanakan di Lingkungan Karang Banjar, Kelurahan Banjar dan Lingkungan Karang Buyut, Kecamatan Ampenan Selatan. ‘’Ke depan kita akan replikasi ke beberapa titik-titik lain,’’ kata H Mohan.

Ia berharap, melalui kegiatan ini akan membangkitkan kesadaran masyarakat untuk menyelesaikan masalahnya sendiri. Seperti bagaimana tetap menjaga kebersihan dan menghijaukan Kota Mataram.

Sementara itu, Ketua PMI Provinsi NTB L Mesir Suryadi mengatakan, UPS yang dibangun di Kota Mataram dengan dukungan pendanaan dari Palang Merah America (American Red Cross/ARC) akan menjadi pilot project untuk di wilayah NTB. Masyarakat, lanjut Mesir, perlu menyadari jika masalah sampah adalah masalah vital dan membahayakan bila tidak dikelola. ‘’Sampah bisa menguntungkan dan membahayakan jika tidak dikelola, hal ini yang perlu disadari masyarakat,’’ kata Mesir.

Terhadap pencanangan green and clean dan dibarengi dengan kegiatan gotong royong, Mesir berharap aksi serupa akan terus berkelanjutan. Ia mengajak semua masyarakat membangkitkan kesadaran untuk memelihara lingkungan disekitarnya. ‘’Sebelumnya, PMI sudah menanama bibit cemara di Lombok Barat. Banyak orang tidak menyadari kalau cemara dan bakau merupakan tempat hidupnya biota laut dan ikan-ikan kecil,’’ ujarnya. (rin/odink humas)

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramWebsite Pengaduan Online RakyatPot n Plot Smart CityWebsite jdih Kota MataramKecamatan Cakranegara Dalam Data 2018.pdfKecamatan Mataram Dalam Data 2018.pdfKecamatan Sandubaya Dalam Data 2018.pdfKecamatan Sandubaya Dalam Data 2018.pdfKecamatan Selaparang Dalam Data 2018.pdf111111111

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat