50 Pegawai TU Sekolah Ikuti Bintek Kearsipan
May 13, 2014 11,973 View

50 Pegawai TU Sekolah Ikuti Bintek Kearsipan

Sebanyak 50 orang pegawai yang berkecimpung bidang kearsipan di lingkungan Tata Usaha (TU) sekolah tingkat SMP/MTs se Kota Mataram mengikuti bimbingan teknis (bintek) kearsipan di lesehan Bumi Gora Kota Mataram, Rabu (27/11).

          Kegiatan bintek secara resmi dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Mataram Ir HL Makmur Said MM mewakili Walikota Mataram, H Ahyar Abduh ditandai dengan pemasangan tanda peserta kepada dua orang peserta bintek.

          Dalam sambutannya Sekda mengatakan, arsip merupakan dokumen yang berharga dan penting sehingga harus dikelola dengan baik. Mengingat peran arsip untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas pelayanan publik. “Selama ini, arsip sering dipandang kurang baik, sehingga arsip hanya sebatas cadangan, padahal arsip sumber segala informasi,” paparnya.

          Arsip juga kata Sekda, merupakan kekuatan sebuah lembaga karenanya harus mendapatkan perhatian dan prioritas dalam pengelolaannya. Terkait dengan itu, Sekda mengimbau kepada semua peserta agar memanfaatkan bintek sebaik mungkin untuk menimba ilmu bidang kearsipan, sebab bintek seperti ini sangat jarang dilakukan.

          Ditambahkan Sekda, untuk mendukung dan mengamankan arsip Pemkot Mataram,  saat ini Pemerintah Kota Mataram tengah menyiapkan lahan sekitar 10 are di kawasan jalan Lingkar Selatan untuk pembangunan gudang arsip Pemerintah Kota Mataram, yang akan dilengkapi dengan sistem pengelolaan arsip dengan menggunakan IT.

          Kepala Kantor Perpustakaan dan arsip Daerah Kota Mataram, Siti Miftahayatun dalam laporannya mengatakan kegiatan bintek ini diantaranya bertujuan agar semua peserta dapat meningkatkan kemampuan dalam  rangka tercapainya tertib kearsipan di lingkungan TU sekolah tingkat SMP/MTs se Kota Mataram.

          Selain itu untuk meningkatkan pemahaman dan menyamakan persepsi tentang kearsipan baik secara teoritis maupun praktis, serta memahami peraturan dan aspek hukum kearsipan.

          Kegiatan bintek kearsipan berlangsung selama dua hari yakni mulai tanggal 27-28 November 2013. Materi yang akan diberikan meliputi tentang pengantar kearsipan, tata naskah dinas, pengelolaan arsip dinamis aktif, penataan arsip dinamis inaktif dan statis, jadwal retensi arsip dan jabatan fungsional arsiparis.

          Menurutnya kegiatan bintek kearsipan kali ini merupakan kegiatan yang ke lima, karena bintek serupa telah berlangsung empat kali dengan sasaran tenaga pengelola arsip SKPD lingkup Pemerintah Kota Mataram tahun 2007, kepala pengelola arsip di lingkungan TU sekolah tingkat SMA/MA tahun 2008, bagi pengelola arsip di kelurahan ke Kota Mataram tahun 2008 dan bintek bagi tenaga pengelola arsip SKPD Kota Mataram tahun 2010. (nir/yudi foto humas).

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota Mataram Perwal Tata Naskah Dinas Pemerintah Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramPERATURAN WALIKOTA MATARAM TENTANG KODE ETIK ASNROAD MAP RB KOTA MATARAMBUKU STANDAR HARGA KOTA MATARAM TAHUN 2017Surat Edaran Libur Nasional 2017Edaran Cuti Tahun 2017Website Pengaduan Online RakyatPot n Plot Smart CitySSH Kota Mataram Tahun 2018Logo HUT NTB 2017Website Elektronik Warta Kota Mataram

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat

Statistik Pengunjung

Hari Ini : 2,838 Visit
Kemarin : 5,584 Visit
Bulan Ini : 96,644 Visit
Tahun Ini : 542,836 Visit
Total : 545,556 Visit
Detail Statistik