Camat dan Lurah Se-Kota Kupang Kunjungi Mataram
May 13, 2014 825 View

Camat dan Lurah Se-Kota Kupang Kunjungi Mataram

Upaya yang dilakukan Pemerintah Kota Mataram dalam menangani masalah-masalah perkotaan, menarik perhatian camat dan lurah se-Kota Kupang Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk menggali informasi. Rabu (27/11), rombongan camat dan lurah se-Kota Kupang berkunjung ke Kota Mataram. Kedatangan rombongan yang dipimpin Drs Yos Rena Beka, diterima Wakil Walikota Mataram H Mohan Roliskana didampingi Asisten I Tata Praja L Indra Bangsawan. Hadir juga sejumlah camat dan lurah di Kota Mataram.

Dalam penjelasannya, ketua rombongan Drs Yos Rena Beka mengatakan, kedatangan kali ini merupakan kunjungan balasan setelah sebelumnya seluruh camat dan lurah se-Kota Mataram berkunjung ke Kota Kupang. Tujuan lainnya, lanjut Yos, camat dan lurah se-Kota Kupang ingin mempelajari bagaimana upaya yang dilakukan Pemkot Mataram dalam menangani persoalan-persoalan perkotaan. Seperti masalah sampah, pedagang kaki lima (PKL), pemondokan dan pembagian aset Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM).

‘’Soal aset PDAM, Kota Kupang hanya menjadi penonton karena retribusi PDAM masih berdasarkan Perda yang dibuat Kabupaten Kupang,’’ kata Yos. Kota Kupang, lanjut dia, merupakan wilayah pemekaran yang secara administrasi terbentuk tahun 1996. Yos berharap, kunjungan ke Kota Mataram kali ini bisa membawa pulang banyak informasi sebagai bahan perbandingan dalam menyusun regulasi di Kota Kupang.

Sementara itu, Wakil Walikota Mataram H Mohan Roliskana dalam sambutan penerimaannya mengatakan, Kota Mataram berdasarkan Peraturan Walikota (perwal) nomor 22 tahun 2013 telah mengatur pelimpahan sebagian kewenangan kepada camat dan lurah. Berbekal Perwal tersebut, camat dan lurah mendapat kewenangan untuk menangani persoalan kebersihan, PKL serta rumah pemondokan. ‘’Perwal baru disahkan sehingga camat dan lurah masih mencari formula yang tepat dalam mengimplementasikan isi Perwal,’’ jelas Mohan.

Berbekal Perwal tersebut, maka camat dan lurah memiliki kewenangan luas untuk mengatur di wilayahnya masing-masing. Dicontohkan persoalan sampah, kini bukan hanya menjadi tugas Dinas Kebersihan. ‘’Camat dan lurah ikut terlibat menangani karena merekalah yang lebih tahu kondisi dan bisa berinteraksi langsung dengan masyarakat,’’ ujar Wakil Walikota.

Pertemuan yang berlangsung penuh keakraban diakhiri dengan sesi dialog. Sebelumnya, Wakil Walikota Mataram mengalungkan selendang dan memasangkan ikat kepala khas Lombok kepada enam camat dari Kota Kupang. Ketua rombongan dari Kota Kupang juga memberikan souvenir berbentuk miniatur alat musik khas NTT kepada Wakil Walikota Mataram. (rin/nyem foto humas)

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota Mataram Perwal Tata Naskah Dinas Pemerintah Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramPERATURAN WALIKOTA MATARAM TENTANG KODE ETIK ASNROAD MAP RB KOTA MATARAMBUKU STANDAR HARGA KOTA MATARAM TAHUN 2017Surat Edaran Libur Nasional 2017Edaran Cuti Tahun 2017BANNER HUT RI Ke-72HUT KOTA MATARAM KE-24Website Pengaduan Online RakyatPot n Plot Smart Cityspanduk KONBES NUSSH Kota Mataram Tahun 2018

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat

Statistik Pengunjung

Hari Ini : 2,142 Visit
Kemarin : 4,660 Visit
Bulan Ini : 97,312 Visit
Tahun Ini : 404,809 Visit
Total : 407,529 Visit
Detail Statistik