Walikota Resmikan Tower Air Bersih Untuk Warga Bebidas
15 Januari 2014 1,275 View

Walikota Resmikan Tower Air Bersih Untuk Warga Bebidas

Walikota Mataram H. Ahyar Abduh meresmikan bangunan tower air bersih di Lingkungan Bebidas Kelurahan Pagesangan Kecamatan Sekarbela Kota Mataram. Bangunan yang berdiri di halaman Masjid Al Falah Lingkungan Bebidas ini merupakan hasil program kerja Forum Keserasian Sosial (FKS) Kelurahan Pagesangan. Sebuah forum berbasis masyarakat yang digagas oleh Kementerian Sosial Republik Indonesia untuk mewujudkan kehidupan berdampingan secara damai, adil, selaras, harmonis dan seimbang atas inisiatif bersama antara kelompok masyarakat.

Dalam sambutannya sesaat sebelum meresmikan tower air berkapasitas empat kubik ini, Walikota menyampaikan bahwa keberadaan tower air yang mengambil sumber air tanah dengan sebuah sumur bor berkedalaman 30 meter ini akan dapat membantu mengatasi penyediaan air bersih bagi warga masyarakat di sekitarnya. Terutama karena sampai saat ini belum semua masyarakat Kota Mataram tertangani penyediaan air bersihnya oleh PDAM Menang Mataram. Di Kota Mataram baru sekitar 80% rumah tangga yang memiliki sambungan pipa air bersih PDAM.

"Air bersih itu kebutuhan dasar. Untuk meningkatkan cakupan penyediaan dan akses masyarakat terhadap air bersih, Pemkot Mataram juga sudah bekerjasama dengan Pemerintah Australia dalam dua tahun ini, 2013-2014 menjalankan program pemasangan sambungan pipa air bersih dari PDAM sejumlah 4.000 sambungan secara gratis untuk warga kurang mampu di Kota Mataram. Rencananya akan kami tambah 2.000 sambungan lagi", dikatakan Walikota.

Sebenarnya lanjut Walikota, masih sangat banyak PR Pemerintah Kota Mataram selain penyediaan air bersih bagi masyarakat Kota Mataram. Masalah perbaikan jalan lingkungan juga tengah menjadi PR yang harus segera diselesaikan. Dari 300 kilometer jalan lingkungan di Kota Mataram, 25% di antaranya belum cukup baik. Namun sampai saat ini belum ada anggaran tersedia untuk perbaikan, yang untuk tiap kilometer memerlukan anggaran 500 juta rupiah. Keterbatasan anggaran ini tengah diupayakan untuk diatasi dengan mengajukan pinjaman ke Pusat Investasi Pemerintah.

Khusus untuk Lingkungan Bebidas, Walikota juga menjanjikan segera memberikan bantuan dana penyediaan tanah urug untuk menyelesaikan pengurugan makam yang akan dijadikan makam baru bagi warga Lingkungan Bebidas dan sekitarnya. (ufi-humas/foto.odink)

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramWebsite Pengaduan Online RakyatPot n Plot Smart CitySSH Kota Mataram Tahun 2018Kota Mataram Dalam Data Tahun 2017Kecamatan Cakranegara Dalam DataKecamatan Ampenan Dalam DataKecamatan Mataram Dalam DataKecamatan Sandubaya Dalam DataKecamatan Sekarbela Dalam DataKecamatan Selaparang Dalam DataWebsite jdih Kota MataramBanner MNEK 2018

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat

Statistik Pengunjung