LAKIP 2012 Kota Mataram Raih Penghargaan CC
29 Januari 2014 847 View

LAKIP 2012 Kota Mataram Raih Penghargaan CC

Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) Kota Mataram tahun 2012 yang dinilai tahun 2013 dan diserahkan tahun 2014 berhasil mendapatkan nilai CC.  Nilai CC ini merupakan nilai dibawah B yang menjadi nilai tertinggi dalam hasil evaluasi LAKIP. Nilai CC yang diraih Kota Mataram itu jauh lebih bagus dibandingkan dengan hasil LAKIP tahun-tahun sebelumnya dengan nilai D dan C.  Demikian disampaikan Kepala Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Mataram, Lalu Martawang usai menerima hasil evaluasi LAKIP 2012 dan piagam penghargaan dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (PAN) dan Repormasi Birokrasi (RB), H Azwar Abubakar di Jakarta, Rabu (29/1).

Dalam kegiatan penyerahan hasil evaluasi LAKIP 2012 itu, Kepala Bappeda Kota Mataram didampingi oleh Kepala Bagian Organisasi Setda Kota Mataram, Cukup Wibowo dalam konteks bagimana menyusun indikator-indikator utama kinerja jajaran pemerintah, dan Kepala Bagian Pemerintahakan Kota Mataram, I Nyoman Swandiasa yang akan melakukan keserasian  LAKIP-LAKIP sebelumnya kemudian disusun  dengan LKPJ Walikota sehingga menjadi kesatuan yang tidak terpisahkan.

Martawang menilai peningkatan hasil evaluasi LAKIP dari nilai D ke C kemudian sekarang menjadi CC merupakan peningkatan yang sangat signifikan. Oleh karena itu, katanya dalam amanahnya, Menteri PAN-RB , mengharapkan dengan perolehan-perolehan yang sangat bagus terhadap akuntabilitas kinerja  instansi di pemerintahan, ke depan seluruh SKPD makin  meningkatkan kinerjanya.

Peningkatan kinerja dilihat dari bagaimana proses menyusun program kerja, lalu proses menyusun indikator dalam rangka pencapaian tujuan-tujuan yang diharapkan. “Itulah yang menjadi acuan melakukan penilaian LAKIP,” katanya menjelaskan. Menurutnya, LAKIP Kota Mataram tersusun dari konstribusi LAKIP-LAKIP yang disusun oleh seluruh SKPD di Kota Mataram, artinya peningkatan kinerja ini merupakan bagian dari konstribusi atas kinerja dari masing-masing SKPD di Kota Mataram.

Terkait dengan itu, ke depan diharapkan dengan adanya tiga lembaga baru di Kota Mataram yakni RSUD Kota Mataram, Badan Aset dan Keuangan Daerah serta Badan Penanaman Modal dan Perijinan Terpadu, tentu diharapkan memiliki korelasi yang positif terhadap peningkatan akuntabilitas kinerja. Meningat tiga badan baru tersebut merupakan instansi terdepan dalam pelayanan publik di daerah ini. “Saya yakin kedepan kita akan makin bisa meningkatkan akuntabilitas kinerja yang akan memberikan konsekwensi peningkatan penilaian pemerintah pusat terhadap LAKIP berikutnya,” katanya. Sehingga jika saat ini Pemerintah Kota Mataram memiliki nilai CC maka harus dipertahankan, tapi harus berjuang untuk mendapatkan nilai B yang merupakan nilai tertinggi dalam penilaian hasil evaluasi LAKIP. Ia mengatakan, Pemerintah Kota Mataram menerima hasil evaluasi LAKIP 2012 bersama dengan kabupaten/kota lainnya se Indonesia, dan dari penyerahan itu hanya empat kabupaten/kotaa saja yang mendapatkan nilai B. (nir humas/foto tim jkt)

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramWebsite Pengaduan Online RakyatPot n Plot Smart CityWebsite jdih Kota MataramKecamatan Cakranegara Dalam Data 2018.pdfKecamatan Mataram Dalam Data 2018.pdfKecamatan Sandubaya Dalam Data 2018.pdfKecamatan Sandubaya Dalam Data 2018.pdfKecamatan Selaparang Dalam Data 2018.pdf111111111

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat