Guru PAUD Diharapkan Ciptakan Suasana Mengajar Menyenangkan
May 13, 2014 789 View

Guru PAUD Diharapkan Ciptakan Suasana Mengajar Menyenangkan

Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) se Kota Mataram diharapkan mampu menciptakan suasana mengajar yang menyenangkan, agar anak-anak bisa belajar sambil bermain. Demikian disampaikan Walikota Mataram H Ahyar Abduh dalam sambutannya yang disampaikan Sekda Kota Mataram, Ir HL Makmur Said MM dalam acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW sekaligus selaturrahmi bunda PAUD Kota Mataram dengan guru PAUD se Kota Mataram di Aula lantai tiga Kantor Walikota Mataram, Senin (3/2).

Anak-anak usia dini, katanya,  merupakan tahap usia emas (gloden age), dimana diibaratkan seperti busa yang menyerap air.  Oleh karena itu, para pendidik PAUD memiliki tanggung jawab besar dalam memberikan masukan informasi dan pengetahuan yang berguna serta menjadi dasar bagi anak-anak untuk pendidikan usia lanjut. “Dengan kesungguhan tekad dan kemauan yang kuat dari kita semua, mampu memulihkan masyarakat dengan mengantarkan mereka menjadi masyarakat yang berdaya dan cerdas,” ungkapnya. Disisi lain, Walikota juga memberikan apresiasi terdahap kesungguhan Bunda PAUD Kota Mataram dalam perannya mensosialisasikan keberadaan PAUD di Kota Maaram dalam rangka meningkatkan jumlah partisipasi masyarakat dalam pendidikan anak usia dini.

Sementara, Bunda PAUD Kota Mataram Hj Suryani Ahyar Abduh dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada semua guru PAUD se Kota Mataram yang dengan ikhlas membangun karakter anak usia dini serta menjadikan anak yang sehat dan berkualitas. “Semoga dengan peringatan Maulid ini lebih membentuk guru menjadi guru yang profesional dan religius,” katanya. Terkait dengan itu, selaku Bunda PAUD Kota Mataram, Hj Suryani berharap agar Pemerintah Kota Mataram bisa memberikan perhatian yang lebih kepada para guru PAUD di Kota Mataram.

“PAUD merupakan pendidikan yang sangat mendasar, karena pelajaran yang didapatkan  seperti menulis di atas batu, artinya pelajaran yang diberikan akan selalu melekat dan dipraktekkan oleh anak-anak sepanjang hidupnya, untuk itu guru harus memberikan pelajaran yang baik bagi tumbuh kembang anak usia dini, ”  ujarnya.

Disisi lain ia menyampaikan, beberapa rencana program kegiatan Bunda PAUD Kota Mataram tahun 2014  antara lain, sosialisasi dan koordinasi guru PAUD se Kota Mataram, peningkatan kualitas pendidikan PAUD, peningkatan sarana dan prasarana PAUD, insentif  bagi guru PAUD, serta melakukan monitoring PAUD-PAUD se Kota Mataram. “Kita berharap dengan program-program itu, mampu meningkatkan angka partisipasi masyarakat terhadap PAUD,” katanya.

Kegiatan Maulid sekaligus Silaturrahmi guru PAUD dihadiri sekitar 522 guru PAUD se Kota Mataram yang mendidik sekitar 11 ribu anak didik belum termasuk anak didik yang tidak tercatat, dirangkaikan dengan ceramah singkat yang disampaikan oleh Hj Rahmi Kusbandiah.              Dalam ceramahnya Hj Rahmi mengatakan, guru PAUD merupakan pencetak generasi yang utama setelah di lingkungan keluarga. Sehingga profesi guru merupakan profesi yang mulia dan sangat terhormat, baik di hadapan Allah maupun di hadapan manusia. Sehingga seorang guru harus memiliki sifat dalam melakukan kegiatan bukan karena materi, melainkan karena Allah semata, senantiasa menjaga kebersihan baik kebersihan secara lahir maupun batin, memiliki jiwa pengabdian yang ikhlas dan jujur serta guru yang menguasi mata pelajarannya.

Karena guru memiliki beberapa fungsi, antaranya, fungsi religi untuk menanamkan nilai-nilai agama sejak dini,  fungsi eduksi dan fungsi pengawasan.  “Karenanya  dalam peringatan Maulid beberapa sifat Rasullullah yang dapat diteladani dalam mengajar adalah tidak pandang bulu, memiliki ahlak yang baik dan konsisten serta patut untuk dicontoh,” paparnya. (nir/yudi humas foto)

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota Mataram Perwal Tata Naskah Dinas Pemerintah Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramPERATURAN WALIKOTA MATARAM TENTANG KODE ETIK ASNROAD MAP RB KOTA MATARAMBUKU STANDAR HARGA KOTA MATARAM TAHUN 2017Surat Edaran Libur Nasional 2017Edaran Cuti Tahun 2017Website Pengaduan Online RakyatPot n Plot Smart CitySSH Kota Mataram Tahun 2018Logo HUT NTB 2017Website Elektronik Warta Kota Mataram

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat

Statistik Pengunjung

Hari Ini : 2,716 Visit
Kemarin : 5,584 Visit
Bulan Ini : 96,522 Visit
Tahun Ini : 542,714 Visit
Total : 545,434 Visit
Detail Statistik