Raudhatul Athfal Wadah Bentuk Karakter Anak
17 Februari 2014 1,020 View

Raudhatul Athfal Wadah Bentuk Karakter Anak

Keberadaan Raudatul Atfal (RA) atau setara Taman Kanak-Kanak (TK) merupakan salah satu wadah membentuk karakter anak sekaligus tempat anak-anak mendapatkan bekal ilmu yang cukup. Sehingga guru menjadi tauladan utama, sebab anak-anak sangat mudah meniru apa yang dilihatnya di sekolah.  Demikian disampaikan Wakil Walikota Mataram, H Mohan Roliskana saat pembukaan RA  Mi’rajul Islam di Lingkungan Getap Kecamatan Cakranegara, Senin (17/2).

            Oleh karena itu lanjut Wakil Walikota, keberadaan RA/TK ini sangat penting,  karena selain sebagai wadah pembelajaran anak, juga sebagai pemersatu warga yang ada lingkungan di Getap. “Kami berharap keberadaan RA ini bisa memberikan rangsangan kepada para orang tua agar bisa mentipkan anak-anaknya sekolah di RA Mi’rajul Islam,” katanya.

Wakil Walikota mengakui, bagaimana sulitnya para orang tua dalam membesarkan anak-anaknya dengan ilmu pengetahuan dan pendidikan tanpa adanya sebuah lembaga pendidikan. “Saya sendiri saja tidak sanggup. Karena kemampuan dan kratifitas anak-anak sekarang sangat tinggi, sehingga kadang kita tidak mampu menjawab apa yang mereka tanyakan,” kata Wakil Walikota.

Disisi lain Wakil Walikota mengatakan, dengan penduduk  Kota Mataram saat ini mencapai 413. 210 jiwa lebih, artinya sedikit lagi Kota Mataram akan masuk katagori Kota Besar dengan standar jumlah penduduk sebanyak 500 ribu jiwa.   Dengan demikian kelompok masyarakat menengah ke atas di Kota Mataram semakin banyak, salah satu indikatornya, saat ini warga Kota Mataram sudah banyak yang memiliki mobil, apalagi motor. “Satu keluarga bisa memiliki tiga hingga empat motor,” ungkapnya.

Dampaknya masyarakat Kota Mataram mulai sibuk dengan urusan masing-masing, sehingga kebutuhan anak-anak untuk mendapatkan pendidikan harus menjadi perhatian serius bagi kalangan dunia pendidikan. Menurutnya, RA/TK sudah banyak di Kota Mataram, bahkan sudah masuk ke lingkungan-lingkungan, oleh karena itu diharapkan keberadaan RA baru ini bisa mengakomodir kebutuhan masyarakat khususnya dalam bidang pendidikan.

 Dalam kesempatan itu, Wakil Walikota berjanji akan memberikan bantuan berbagai fasilitas RA yang dinilai mendesak, untuk melengkapai fasilitas RA dalam mendukung proses belajar mengajar. Wakil Walikota beseta jajaran juga melakukan kunjungan ke ruang belajar RA tersebut.

Kegiatan pembukaan RA Mi’rajul Islam di Lingkungan Getap Kecamatan Cakranegara, dihadiri sejumlah jajaran Kementerian Agama Mataram, jajaran SKPD terkait, pimpinan yayasan, guru, oran tua serta siswa MI dan RA setempat. (nir/nyem foto humas)

Agenda Kegiatan

Banner Link

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat