Pertumbuhan Ekonomi Harus Dibarengi Literasi Keuangan yang Baik
08 Maret 2014 643 View

Pertumbuhan Ekonomi Harus Dibarengi Literasi Keuangan yang Baik

Pertumbuhan Ekonomi Kota Mataram yang berada pada angka 7, 59 persen atau diatas rata-rata Propinsi 4 persen lebih menjadi gambaran baiknya sektor perekonomian masyarakat Kota Mataram. Pertumbuhan ini juga ditandai dengan tumbuh dan berkembangnya sektor jasa keuangan dimana tercatat 31 Lembaga Keuangan yang terdiri dari 22 Bank Umum dan 9 Bank Perkreditan resmi beroperasi di Kota Mataram. Hal tersebut disampaikan Wakil Walikota Mataram saat memberikan sambutan dalam acara Gerakan Nasional Literasi Keuangan Indonesia 2014 bertempat di Mataram Mall, sabtu (8/3).

Dikatakan Mohan, sebagai penopang perkembangan ekonomi di Koridor V wilayah Bali Nusra, Kota Mataram memiliki peran untuk menumbuhkan sektor jasa dan perdagangan. Menyikapi laju pertumbuhan ekonomi yang tumbuh positif, Wakil Walikota berharap agar masyarakat dapat memahami produk jasa keuangan sebagai medium investasi dan proteksi terhadap asset yang dimiliki.

Kegiatan Literasi Keuangan kepada masyarakat yang diselenggarakan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bekerjasama dengan Bank Central Asia (BCA) patut diapresiasi dan didukung. Kegiatan ini juga hendaknya dilakukan oleh Lembaga Keuangan lainnya guna mempercepat pemahaman masyarakat akan produk jasa keuangan yang sebagian besar dikelola oleh perbankan. Disamping itu masyarakat juga dapat lebih selektif memilih produk jasa keuangan yang seusai dengan keinginannya.

Sementara, Deputi Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Bidang Pengawasan Perbankan, Endang Kussulanjari Tri Subari menyebutkan, Gerakan Nasional Literasi Keuangan Indonesia 2014 merupakan program strategis yang digagas OJK yang mengacu pada cetak biru rencana jangka panjang Lembaga yang diberikan kewenangan terhadap pengawasan Lembaga Keuangan guna meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat terhadap produk jasa keuangan. Dikatakan Endang, berdasarkan survey yang dilakukan tahun 2013 lalu, jumlah masyarakat Indonesia yang memahami produk keuangan masih sangat rendah yakni sekitar 21 persen. Oleh karenanya, berbagai upaya edukasi yang menyasar ke seluruh lapisan masyarakat terus ditingkatkan dari tahun ke tahun. Pada tahun 2014 ini, pihaknya berupaya untuk menyasar ibu rumah tangga serta Usaha Mikro, Kecil dan Menengah yang merupakan basis utama perekonomian di Indonesia. Disamping itu, pihaknya juga menyasar kelompok tertentu yang memiliki basis luas di masyarakat sebagai mitra untuk meningkatkan literasi keuangan bagi masyarakat. .(dh/dik)

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramWebsite Pengaduan Online RakyatPot n Plot Smart CitySSH Kota Mataram Tahun 2018Kota Mataram Dalam Data Tahun 2017Kecamatan Cakranegara Dalam DataKecamatan Ampenan Dalam DataKecamatan Mataram Dalam DataKecamatan Sandubaya Dalam DataKecamatan Sekarbela Dalam DataKecamatan Selaparang Dalam DataWebsite jdih Kota MataramBanner MNEK 2018

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat

Statistik Pengunjung

Hari Ini : 2,425 Visit
Kemarin : 2,716 Visit
Bulan Ini : 72,429 Visit
Tahun Ini : 379,749 Visit
Total : 962,608 Visit
Detail Statistik