Wakil Wali Kota Buka MPBM Tingkat Kota Mataram
May 13, 2014 697 View

Wakil Wali Kota Buka MPBM Tingkat Kota Mataram

Wakil Walikota Mataram H Mohan Roliskana Senin 10 Maret 2014 membuka secara resmi kegiatan Musyawarah Pembangunan Bermitra Masyarakat (MPBM) tingkat Kota Mataram tahun 2014 yang diikuti sekitar 750 perserta dari berbagai unsur.  Hadir dalam pembukaan MPBM itu, Ketua DPRD Kota Mataram HM Zaini beserta jajarannya, Kepala Bidang Statistik dan Penelitian Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi NTB, H Yusron Hadi, Sekda Kota Mataram Ir. HL Makmur Said, mantan Walikota Mataram  HL Mujitahid, Kepala SKPD, camat dan lurah se-Kota Mataram.

Dalam arahannya Wakil Wali Kota mengatakan, MPBM merupakan wadah mempersiapkan rencana pembangunan jangka menengah dengan pola pendekatan yang paling demokratis, tentunya dengan tetap fokus pada tiga program unggulan Kota Mataram yakni, peningkatan sumber daya manusia (SDM), peningkatan perekonomian ekonomi kerakyatan (PER) dan peningkatan sarana dan prasarana perkotaan.  “Tiga program unggulan itu sudah menjadi visi dan tujuan pembangunan Pemerintah Kota Mataram,  karenanya dalam pembahasan MPBM bisa mengacu ke tiga program unggulan tersebut,  bisa terarah serta bisa dirasakan oleh masyarakat secara langsung,” katanya.

H Mohan  mengatakan, saat ini Kota Mataram berkembang pesat, hal itu bisa dilihat dari jumlah penduduk Kota Mataram yang saat ini mencapai 413.210 ribu jiwa yang artinya Kota Mataram masuk katagori kota sedang atau menengah, namun beberapa tahun ke depan jumlah penduduk Kota Mataram bisa mencapai 500 ribu jiwa lebih, sehingga Kota Mataram akan masuk menjadi kota besar dengan jumlah penduduk antara minimal 500 ribu jiwa. Sementara luas lahan Kota Mataram yang hanya 61,30 kilo meter persegi atau hanya 0, 24 persen dari luas Provinsi Nusa Tenggara Barat tidak bisa bertambah, sebaliknya lahan pertanian di Kota Mataram terus menurun, hingga kini lahan persawahan Kota Mataram tinggal 2.175 hekter.

Dalam kaitan itu, Wakil Wali Kota sangat berharap agar dalam MPBM ini mampu menyusun program pembangunan dengan sistem berkesimbangan, sebab Kota Mataram saat ini berfungsi sebagai pusat jasa dan perdagangan, sementara untuk kawasan Bali Nusra, Kota Mataram sebagai kota penunjang pariwisata, karenanya pembangunan mall, hotel, restoran seta perumahan-perumahan heterogen mulai bermunculan. “Hal inilah yang juga harus menjadi perhatian dalam pembahasan MPBM kali ini,” ujarnya.

Di sisi lain, Wakil Wakikota juga menyampaikan beberapa program memasuki empat tahun kepemimpinan Wali Kota Mataram H Ahyar Abduh dan H Mohan Roliskana, antara lain pelayanan kesehatan gratis di Puskesmas, pelayanan rawat inap gratis kelas tiga di RSUD Kota Mataram,  penerbitan kartu Mataram sehat,  peralihan PBB menjadai pajak daerah, gratis sambungan air PDAM bagi masyarakat berpenghasilan rendah, serta peningkatan infrastuktur pembangunan antara lain pembangunan, pembukaan dan pelebaran sejumlah jalan baru. “Dalam kepemimpinan kami, kami terbuka dan siap menerima kritik dengan catatan kritik  yang membangun, dan berdasarkan fakta tanpa melupakan apa yang kami telah lakukan,” ingatnya.Wakil Wali Kota juga tidak lupa menyampaikan kepada semua peserta agar bisa fokus mengikuti MPBM dan memberikan konstribusi yang nyata melalui kegiatan yang realistis dan bermanfaat bagi kepentingan masyarakat.

Kepala Bappeda Kota Mataram sekaligus Ketua Panitia Penyelenggara, Lalu Martawang mengatakan,  MPBM tingkat Kota Mataram ini bertujuan untuk membahas usulan program yang telah dimusyawarahkan secara berjenjang melalui MPBM di tingkat kelurahan dan tingkat kecamatan yang diselaraskan dengan usulan program dan kegiatan SKPD  Pemkot Mataram yang tergbung dalam forum gabungan SKPD Kota Mataram.

MPBM berlangsung selama dua hari yakni dari tanggal 10-11 Maret 2014, diikuti sekitar 750 peserta dari  unsur legislatif, kecamatan, kelurahan, tokoh masyarakat, tokoh agama, fasilitator pembangunan kota, asosiasi profesi, serta stakeholders lainnya dengan  komposisi peserta diupayakan mengakomodir partisispasi perempuan.

Sementara Kepala Bidang Statistik dan Penelitian Bappeda Provinsi NTB, H Yusron Hadi yang mewakili Kepala Bappeda Provinsi NTB, menyampaikan beberapa kebijakan dan arah pembangunan pemerintah provinsi tahun 2014 -2015. Dia berharap Pemerintah Kota Mataram  mampu mensinergikan program-program yang telah dipaparkan melalui MPBM tingkat Kota Mataram. (nir/nyem)

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota MataramSMS CENTER Perwal Tata Naskah Dinas Pemerintah Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramPERATURAN WALIKOTA MATARAM TENTANG KODE ETIK ASNROAD MAP RB KOTA MATARAMBUKU STANDAR HARGA KOTA MATARAM TAHUN 2017Surat Edaran Libur Nasional 2017Edaran Cuti Tahun 2017Logo HUT RI yang ke-72BANNER HUT RI Ke-72HUT KOTA MATARAM KE-24

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat

Statistik Pengunjung

Hari Ini : 0 Visit
Kemarin : 0 Visit
Bulan Ini : 0 Visit
Tahun Ini : 66,215 Visit
Total : 68,935 Visit
Detail Statistik