Penutupan MPBM: Pemkot Akan Identifikasi dan Buat Skala Prioritas
11 Maret 2014 1,125 View

Penutupan MPBM: Pemkot Akan Identifikasi dan Buat Skala Prioritas

Penyelenggaraan Musyawarah Pembangunan Berbasis Masyarakat (MPBM) Tingkat Kota Mataram tahun 2014 telah ditutup secara resmi pada Selasa (11/03). Penutupan musyawarah yang terselenggara selama dua hari berturut-turut ini dilaksanakan oleh Sekretaris Daerah Kota Mataram HL. Makmur Said didampingi Wakil Ketua Dewan Kota Mataram H. Didi Sumardi dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Mataram L. Martawang.

Dalam sambutannya sebelum menutup secara resmi MPBM Tingkat Kota Mataram tahun 2014, Makmur menyampaikan apresiasi terhadap sejumlah tak kurang dari 500 orang peserta yang ikut berpartisipasi dalam perencanaan pembangunan yang melibatkan seluruh unsur dan lapisan masyarakat ini. Masukan dari peserta sangat beragam. Karenanya lanjut Makmur, pihaknya akan mengidentifikasi dan membuat skala prioritas berdasarkan kebutuhan dan kemampuan anggaran. "Mana yang akan ditangani sendiri, dengan bantuan Pemerintah Provinsi maupun pusat, dan seterusnya", tutur Makmur.

Untuk SKPD, Makmur meminta agar memperhatikan hasil MPBM ini dengan sungguh-sungguh. Karena masukan-masukan yang diberikan oleh peserta sebagai representasi masyarakat Kota Mataram ini adalah dasar bagi perumusan rencana pembangunan di Kota Mataram Tahun Anggaran 2015. Karena berpola Bottom Up atau dari bawah ke atas, MPBM dipastikan mengakomodir program-program yang pro masyarakat. Lebih khusus lagi program yang pro pada upaya pengentasan kemiskinan.

Sementara itu menurut Kepala Bappeda Kota Mataram L. Martawang, untuk tiga poin penting yang dirumuskan dalam MPBM; Peningkatan Sumber Daya Manusia, Sarana-Prasarana, dan Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan, diperkirakan membutuhkan total anggaran sebesar 306 Milyar rupiah. "Dengan posisi APBD Kota Mataram yang pada 2014 ini saja berada pada angka 1,002 Triliun rupiah, tentu bisa direalisasikan", demikian dipastikan satu-satunya pejabat publik Kota Mataram yang masih melajang ini.

MPBM Tingkat Kota Mataram tahun 2014 ini lanjut Martawang, melibatkan seluruh stakeholders dengan komposisi yang lebih berwarna dari MPBM tahun sebelumnya. Mengakomodir pula partisipasi perempuan dan juga anak-anak, dalam hal ini Dewan Anak Mataram (DAM). Demikian pula dengan pemilihan tema, "Optimalisasi Percepatan Pembangunan untuk Terwujudnya Kota Mataram yang Maju, Religius, dan Berbudaya", merujuk pada segera akan selesainya masa pemerintahan Kepala Daerah H. Ahyar Abduh dan H. Mohan Roliskana pada pertengahan tahun 2015 mendatang. Sehingga percepatan pembangunan di segala bidang sedapat mungkin dioptimalkan secara maksimal. (ufi/dik)

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramWebsite Pengaduan Online RakyatPot n Plot Smart CityWebsite jdih Kota MataramKecamatan Cakranegara Dalam Data 2018.pdfKecamatan Mataram Dalam Data 2018.pdfKecamatan Sandubaya Dalam Data 2018.pdfKecamatan Sandubaya Dalam Data 2018.pdfKecamatan Selaparang Dalam Data 2018.pdf111111111

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat