BPM Kota Mataram Gandeng TP PKK Luncurkan PMT-AS
15 Maret 2014 1,084 View

BPM Kota Mataram Gandeng TP PKK Luncurkan PMT-AS

Berlokasi di SDN 19 Ampenan, Kelurahan Jempong Baru, Kecamatan Sekarbela Kota Mataram, Wakil Ketua III TP PKK Kota Mataram Hj Baiq Erni Makmur Said meluncurkan pemberian makanan tambahan anak sekolah (PMT-AS). Acara dihadiri Wakil Ketua IV TP PKK Kota Mataram, Lurah Jempong Baru, Camat Sekarbela, Sekretaris Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Kota Mataram, serta Kepala SDN 19 Ampenan.

Dalam sambutannya, Ketua TP PKK Kota Mataram yang dibacakan Wakil Ketua III TP PKK Kota Mataram Hj Baiq Erni Makmur Said sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada BPM Kota Mataram yang telah berinisiatif menganggarkan pemberian makanan tambahan kepada anak-anak sekolah khususnya anak sekolah dasar (SD). ‘’Pemberian makanan tambahan memiliki manfaat sebagai asupan gizi bagi anak-anak untuk meningkatkan ketahanan fisik, minat dan kemampuan belajar. Sehingga akan menghasilkan insan-insan Indonesia yang cerdas dan kompetitif,’’ jelas Erni.

Ketua TP PKK berharap, bahan-bahan yang dipergunakan untuk membuat jajanan PMT-AS adalah bahan lokal yang mudah didapat sekitar kita. Sehingga masyarakat dapat merasakan manfaat adanya pemberian makanan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan dibelinya bahan-bahan dari warga setempat. Kepada pengelola diingatkan agar bisa memanfaatkan kader-kader PKK yang ada di sekitar tempat ini. Sementara kepada kepala sekolah diharapkan tetap mengontrol PMT-AS yang berlangsung di sekolahnya. ‘’Dengan begitu anak-anak bisa mengurangi jajanan di luar yang belum tentu dijamin kesehatan untuk anak-anak,’’ ujarnya. Dalam kesempatan itu, Wakil Ketua III TP PKK Kota Mataram juga mengingatkan pihak sekolah terkait perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di lingkungan tempat kerja.

Sementara itu, Sekretaris BPM Kota Mataram Zainal Abidin menjelaskan, PMT-AS dilaksanakan untuk meningkatkan ketahanan fisik dan perbaikan gizi bagi anak-anak, khususnya siswa/siswi dari keluarga tidak mampu/miskin. PMT-AS di SDN 19 Ampenan diberikan kepada anak didik dari keluarga miskin kelas I hingga IV berjumlah 122 anak. ‘’PMT-AS dilaksanakan dari bulan Januari sampai Desember 2014 sebanyak 96 kali pemberian atau 2-3 kali dalam seminggu. Bentuk penyediaan makanan tambahan adalah berupa kudapan/jajanan dari pangan lokal yang disediakanoleh catering untuk menjamin kecukupan gizi yang seimbang dan higienis,’’ jelas Zainal.

Pemkot Mataram telah melaksanakan kegiatan PMA-AS selama tiga tahun berturut-turut, tahun ini memasuki tahun ke 4. Sebelumnya, tahun 2013 Kota Mataram telah mendapat juara tingkat nasional sebagai pelaksana PMT-AS terbaik di SDN 41 Ampenan. Serta dukungan kebijakan terbaik tingkat nasional. ‘’Harapannya tahun ini Kota Mataram bisa kembali meraih juara PMT-AS di tingkat nasional,’’ ujar Zainal.

Kepala SDN 19 Ampenan, H Rasidi mengucapkan terima kasih atas terpilihnya SDN 19 Ampenan sebagai lokasi PMT-AS. Ia mengharapkan, PMT-AS bisa diberikan ke seluruh siswa-siswinya. ‘’Siswa sekolah kami berjumlah  202 orang, tapi yang mendapat bantuan hanya 122 orang kelas I hingga IV. Semoga siswa lainnya yang berjumlah 80 orang juga bisa mendapat bantuan serupa agar tidak ada siswa yang saling iri,’’ ujar Rasidi. (rin/odink)

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramWebsite Pengaduan Online RakyatPot n Plot Smart CitySSH Kota Mataram Tahun 2018Kota Mataram Dalam Data Tahun 2017Kecamatan Cakranegara Dalam DataKecamatan Ampenan Dalam DataKecamatan Mataram Dalam DataKecamatan Sandubaya Dalam DataKecamatan Sekarbela Dalam DataKecamatan Selaparang Dalam DataWebsite jdih Kota MataramBanner TEST MNEK 2018Desain Banner HUT RI 73Desain Banner HUT Kota 25

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat