Forum Lurah Kota Serang Kunjungan Ke Kota Mataram
May 13, 2014 997 View

Forum Lurah Kota Serang Kunjungan Ke Kota Mataram

Pemerintah Kota Mataram Kamis 20 Maret 2014 menerima kunjungan kerja dari sejumlah 48 orang anggota Forum Silaturahmi Lurah se-Kota Serang. Para Kepala Kelurahan dari kota yang menjadi ibukota Provinsi Banten ini diterima secara resmi oleh Asisten I Bidang Tata Praja L. Indra Bangsawan didampingi oleh Kepala Bagian Pemerintahan Setda Kota Mataram INI Nyoman Suwandiasa di Aula lantai III Kantor Walikota Mataram.

Dalam sambutan perkenalannya, Kepala Rombongan H. Dudung menyampaikan bahwa tujuan kunjungan kerja yang dilakukan oleh para perangkat daerah Kota Serang ini adalah untuk menggali informasi mengenai berbagai hal yang dapat diambil dari Kota Mataram untuk kemudian dapat ikut diterapkan di Kota Serang. Salah satunya terkait dengan penanganan kebersihan. "Banyak hal di Kota Mataram yang dapat diikuti untuk diterapkan di Kota Serang", dikatakan Dudung tanpa merinci lebih lanjut.

Kota Serang sendiri dikatakan Dudung, memililiki total 60 kelurahan yang berada di enam wilayah kecamatan. Sebagai ibukota Provinsi Banten yang baru akan memasuki usia ke-7 tahun lanjut Dudung, Kota Serang menghadapi permasalahan yang menyangkut tingginya angka pertambahan penduduk. Dengan luas wilayah yang hanya 266,71 km², jumlah penduduk Kota Serang pada 2013 kemarin saja telah mencapai lebih dari 720 ribu jiwa. "Sedangkan jumlah penduduk pada awal berdirinya Kota Serang tahun 2006 lalu hanya berada pada agka 469 ribu jiwa", demikian dituturkan Dudung.

Kondisi yang dialami Kota Serang ini diakui oleh L. Indra Bangsawan hampir mirip dengan kondisi yang harus dihadapi oleh Kota Mataram. Dengan luas wilayah yang hanya 61,30 km², kepadatan penduduk Kota Mataram mencapai angka lebih dari 6.500 jiwa per km². Demikian pula dengan kesamaan status sebagai ibukota provinsi yang memiliki enam wilayah kecamatan. Sedikit yang membedakan, Kota Mataram hanya memiliki 50 Kelurahan. "Untuk pengangkatan camat dan lurah kami memiliki tradisi yang terus masih kami lakukan, dengan pengangkatan secara berjenjang", jelas mantan Camat Cakranegara ini.

Penjelasan tersebut ternyata dianggap cukup menarik bagi para peserta kunjungan. Dalam sesi tanya jawab, salah satu peserta secara khusus menanyakan mengenai adanya pengangkatan secara berjenjang bagi camat dan lurah Kota Mataram. Pertanyaan ini dijawab oleh Kabag Pemerintahan Setda Kota Mataram I Nyoman Suwandiasa yang menjelaskan bahwa semua camat yang menjabat di Kota Mataram sebelumnya pernah menjadi lurah terlebih dahulu. Dengan demikian para camat menguasai dengan baik tugas dan fungsinya. Demikian pula untuk para lurah, setiap lurah memiliki kesempatan yang sama untuk dapat diangkat sebagai camat. (ufi/putra)

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota Mataram Perwal Tata Naskah Dinas Pemerintah Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramPERATURAN WALIKOTA MATARAM TENTANG KODE ETIK ASNROAD MAP RB KOTA MATARAMBUKU STANDAR HARGA KOTA MATARAM TAHUN 2017Surat Edaran Libur Nasional 2017Edaran Cuti Tahun 2017Logo HUT RI yang ke-72BANNER HUT RI Ke-72HUT KOTA MATARAM KE-24Website Pengaduan Online RakyatPot n Plot Smart Cityspanduk KONBES NU

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat

Statistik Pengunjung

Hari Ini : 2,151 Visit
Kemarin : 4,171 Visit
Bulan Ini : 77,827 Visit
Tahun Ini : 385,324 Visit
Total : 388,044 Visit
Detail Statistik