DPRD Bentuk Pansus Bahas 4 Raperda
27 Maret 2014 714 View

DPRD Bentuk Pansus Bahas 4 Raperda

Dewan Kota Mataram membentuk Panitia Khusus (Pansusu) untuk membahas empat paket raperda yang diajukan oleh pihak Eksekutif Pemerintah Kota Mataram. Keempat raperda, dua diantaranya merupakan raperda baru. Yaitu Raperda Bangunan Gedung dan Raperda Ijin Usaha Jasa Konstruksi. Sedangkan yg lainnya merupakan perubahan atas perda terdahulu, yaitu perubahan atas Perda Nomor 2 Tahun 2009 tentang Pokok-Pokok Pengelolaan Keuangan Daerah dan perubahan atas Perda Nomor 7 Tahun 2010 tentang Pajak Reklame.

Pembentukan Pansus dilaksanakan bersamaan dengan penyampaian jawaban Eksekutif oleh Sekretaris Daerah Kota Mataram H.L. Makmur Said, atas tanggapan yang diberikan oleh fraksi-fraksi Dewan mengenai empat paket Raperda pada Rabu (26/03), di Ruang Sidang Dewan Kota Mataram. Dikatakan Pimpinan Sidang, Wakil Ketua Dewan Kota Mataram H. Didi Sumardi, pembentukan Pansus dilaksanakan dalam rangka memaksimalkan dan mengefektifkan pembahasan Raperda sampai siap disahkan menjadi Perda.

Meski tidak bergeser dari jadwal, sidang dewan yang diagendakan untuk mendengarkan jawaban eksekutif dan pembentukan Pansus ini dimulai sedikit terlambat. Keterlambatan ini dijelaskan Sekda Kota Mataram H.L. Makmur Said karena pada hari yang sama dirinya harus menghadiri tiga agenda penting Pemerintah Kota Mataram yang salah satunya berkaitan erat dengan satu raperda baru yang tengah dalam proses pembahasan. Yakni sebuah workshop yang diselenggarakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum mengenai Tata Bangunan Gedung. Workshop tersebut membahas pula keberadaan Perda Bangunan Gedung yang ditargetkan pada tahun 2015 mendatang harus sudah dimiliki oleh seluruh Kabupaten-Kota di Indonesia.

Ditemui usai sidang, Makmur menjelaskan mengenai pentingnya keberadaan Perda Bangunan Gedung untuk segera dapat dimiliki oleh Pemerintah Kota Mataram. Saat ini menurut Makmur, baru sekitar 27 persen dari seluruh Kabupaten-Kota di Indonesia telah memiliki Perda Bangunan Gedung. Dengan disahkannya Raperda ini menjadi Perda nanti, Kota Mataram merupakan daerah ke 106 yang resmi memiliki Perda Bangunan Gedung sebagai landasan operasional penyelenggaraan bangunan gedung. "Kalau sebelumnya baru dilandaskan pada tata ruang, ILOK (Ijin Lokasi), dan IMB (Ijin Membuat Bangunan), dengan perda ini juga diatur mengenai kelayakan bangunan", tandas Makmur. (ufi/yud-humas)

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramWebsite Pengaduan Online RakyatPot n Plot Smart CitySSH Kota Mataram Tahun 2018Kota Mataram Dalam Data Tahun 2017Kecamatan Cakranegara Dalam DataKecamatan Ampenan Dalam DataKecamatan Mataram Dalam DataKecamatan Sandubaya Dalam DataKecamatan Sekarbela Dalam DataKecamatan Selaparang Dalam DataWebsite jdih Kota MataramBanner MNEK 2018

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat

Statistik Pengunjung

Hari Ini : 2,373 Visit
Kemarin : 2,716 Visit
Bulan Ini : 72,377 Visit
Tahun Ini : 379,697 Visit
Total : 962,556 Visit
Detail Statistik