Beranda - Situs Resmi Pemerintah Kota Mataram
Penertiban Atribut Kampanye Dibagi 3 Zona
03 April 2014 812 View

Penertiban Atribut Kampanye Dibagi 3 Zona

Menjelang berakhirnya masa kampanye Partai Politik pada Pemilu Legislatif 2014, 5 April mendatang, Pemerintah Kota Mataram beserta jajarannya melakukan konsolidasi dengan Pihak Komisi Pemilihan Umum dan Panitia Pengawas Kota Mataram guna melakukan penertiban alat peraga kampanye. Dalam rapat yang dipimpin Wakil Walikota Mataram H. Mohan Roliskana, S.Sos, MH, kamis (3/4) disepakati, Jajaran Pemerintah Kota Mataram akan melakukan Penertiban Alat Peraga Kampanye Peserta Pemilu 2014 pada hari Senin 7 April mendatang. Menurut Mohan, dalam penertiban tersebut pihaknya akan menerjunkan aparatur lintas SKPD yang terbagi dalam 3 zona wilayah yakni wilayah timur, tengah dan barat.

Adapun pola penertiban lanjut Mohan, pihaknya memprioritaskan untuk membersihkan alat peraga kampanye yang berada di lintasan jalan Protokol, Jalan Negara, Jalan Propinsi dan Jalan Kota, sedangkan penyisiran terhadap alat peraga yang berada di ruas jalan lingkungan dan areal tertentu menjadi ranah tanggung jawab Lurah dan Camat sesuai dengan wilayahnya masing masing.

Lebih lanjut dikatakan, dalam proses penertiban nantinya, Mohan meminta kepada segenap jajaran Camat dan Lurah untuk lebih peka terhadap segala potensi konflik yang mungkin bisa terjadi pada proses penertiban maupun dalam proses penyelenggaraan Pemilu Legislatif nantinya. Oleh karenanya, diharapkan kepada Camat dan Lurah untuk melakukan sterilisasi wilayah yang akan menjadi Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan radius 50 dari tempat tersebut untuk bebas dari segala atribut maupun alat peraga kampanye Parpol.

Selain itu, Mohan juga mengingatkan kepada instansi terkait seperti Dinas Pertamanan agar segera membangun komunikasi kepada pihak pengelola media reklame berbayar untuk mematuhi masa pemasangan maupun penayangan alat peraga dalam bentuk baliho maupun iklan kampanye Parpol dan Caleg.

Sebagai Ibukota Propinsi dan barometer daerah lain di NTB, Mohan berharap agar Kota Mataram dapat menjadi contoh dalam penertiban alat peraga kampanye sehingga diharapkan pada masa tenang, segala atribut maupun alat peraga kampanye telah bersih sehingga proses Pemilu Legislatif dapat berjalan dengan aman dan lancar.

Sementara, Komisioner KPUD Kota Mataram Paizah, S.Ag mengatakan, pihaknya telah mengirimkan surat himbauan kepada Partai Politik peserta Pemilu untuk melakukan penurunan dan penertiban alat peraga pada akhir masa kampanye 5 April mendatang, sedangkan Ketua Panwaslu Kota Mataram Srino Mahayarudin, SH menegaskan, secara Nasional, Jajaran Bawaslu RI, Bawaslu Propinsi dan Kabupaten/Kota akan melakukan penertiban alat peraga kampanye pada hari Minggu 6 April mendatang serentak se Indonesia tegasnya.(dh/foto putra)

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramWebsite Pengaduan Online RakyatPot n Plot Smart CityWebsite jdih Kota MataramKecamatan Cakranegara Dalam Data 2018.pdfKecamatan Mataram Dalam Data 2018.pdfKecamatan Sandubaya Dalam Data 2018.pdfKecamatan Selaparang Dalam Data 2018.pdfKecamatan Ampenan Dalam Data 2018Kota Mataram Dalam Data 2018Kecamatan Sekarbela Dalam Data 2018

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat