Karang Taliwang Juara Lomba Kadarkum Tingkat Kota Mataram
04 April 2014 1,109 View

Karang Taliwang Juara Lomba Kadarkum Tingkat Kota Mataram

Pelaksanaan Lomba Keluarga Sadar Hukum (Kadarkum) Tingkat Kota Mataram yang digelar selama 3 hari (2-4 April) di Aula Lantai III Kantor Walikota Mataram resmi ditutup oleh Staf Ahli Bidang Hukum dan Pemerintahan Drs. Ijab Irawadi mewakili Walikota Mataram yang sekaligus menyerahkan dana Pembinaan kepada para Pemenang. Keluar sebagai Juara Pertama Lomba Kadarkum Kelurahan Karang Taliwang Mewakili Kecamatan Cakranegara.

Pelaksanaan Lomba Kadarkum tahun 2014 menurut Walikota diharapkan mampu mewujudkan masyarakat yang sadar akan hukum. Tingginya kesadaran masyarakat akan hukum dan peraturan yang berlaku akan berdampak pada meningkatkan angka kepatuhan terhadap norma hukum dan aturan yang berlaku.

Dikatakan Walikota, penyebarluasan informasi hukum dan aturan tidak dapat dilakukan secara parsial akan tetapi secara sistematis dan menyeluruh dengan melibatkan unsur Pemerintah, Penegak Hukum Tokoh Masyarakat, komponen masyarakat lainnya. Keterlibatan aktif masyarakat dalam penyebar luasan informasi hukum melalui kader Kadarkum dirasa sangat efektif karena dalam setiap kelompok dipilih dan diajukan melalui mekanisme bottom up atau usulan dari tingkat bawah.

Walikota menambahkan, kurangnya sadar hukum masyarakat disebabkan kurangnya pemahaman hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Masyarakat kurang memahami apa yang menjadi hak dan kewajiban masing-masing dalam hukum tersebut. Perselisihan yang kerap kali terjadi disebabkan minimnya informasi hukum yang diperoleh masyarakat dengan demikian perlu langkah-langkah untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat mengenai hukum, diiringi upaya pembinaan intensif, sehingga menumbuhkan kesadaran untuk patuh dan taat kepada hukum. Hukum harus ditaati dan dipatuhi, bukan untuk ditakuti, dan berlaku untuk semua pihak.

Sementara Kepala Bagian Hukum Setda Kota Mataram, Mansur SH mengatakan, kegiatan lomba kadarkum akan diikuti 10 kelompok yang merupkan perwakilan dari enam kecamatan se-Kota Mataram dan telah melalui seleksi dan penilaian secara ketat dengan melibatkan tiga tim juri yang berasal dari Dinas Perhubungan, Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Mataram dan Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BP2KB) Kot Mataram.  “Pemenang akan menjadi wakil Kota Mataram pada lomba tingkat Provinsi NTB,” katanya.

Para pemenang berhak mendapatkan trophy dan dana stimulan serta Juara Pertama akan mewakili Kota dalam lomba Kadarkum tingkat Propinsi.Kedepan diharapkan para peserta dan pemenang bisa secara intens melakukan sosialisasi gerakan ke masyarakat tentang penegakan hukum yang berlaku, untuk mencipatakan masyarakat sadar hukum. Ia mengatakan, kegiatan lomba kadarkum bertujuan untuk pembinaan hukum bagi masyarakat yang cerdas dan cermat, selain itu untuk mengenalkan dan sosialisasikan peraturan perundang-undangan yang ada di Kota Mataram. Adapun pemenang selengkapnya adalah Juara I Karang Taliwang, Juara II Dasan Cermen, Juara III Pagutan dan Harapan I Cakra Barat. (dh/ foto humas)

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramWebsite Pengaduan Online RakyatPot n Plot Smart CitySSH Kota Mataram Tahun 2018Kota Mataram Dalam Data Tahun 2017Kecamatan Cakranegara Dalam DataKecamatan Ampenan Dalam DataKecamatan Mataram Dalam DataKecamatan Sandubaya Dalam DataKecamatan Sekarbela Dalam DataKecamatan Selaparang Dalam DataWebsite jdih Kota MataramBanner MNEK 2018

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat