TP PKK Kota Mataram Belajar Teknik Pemanfaatan lahan Pekarangan ke Kabupaten Magelang
29 April 2014 813 View

TP PKK Kota Mataram Belajar Teknik Pemanfaatan lahan Pekarangan ke Kabupaten Magelang

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Mataram Hj. Suryani Ahyar Abduh berserta jajaran pengurus melakukan lawatan ke Kabupaten Magelang guna menimba ilmu terkait Pemanfaatan Lahan Pekarangan dalam upaya meningkatan kualitas pangan masyarakat dengan penganekaragaman pangan. Lawatan selama 3 hari (28-30/4) dimanfaatkan rombongan untuk meninjau lokasi budidaya jamur dan tanaman pekarangan lainnya di Dusun Salakan, Desa Wonogiri Kabupaten Magelang dan bertatap muka dengan kelompok tani wanita.

Ditemani Istri Wakil Bupati Magelang beserta Kepala Badan Ketahanan Pangan, serta jajaran pengurus PKK Kab. Magelang, Hj. Suryani melihat potensi wilayah Magelang yang cukup luas memberikan ruang kreasi dalam pemanfaatan lahan guna peningkatan varietas tanaman pangan masyarakat. Berbeda dengan Kota Mataram, dengan luas wilayah 61,3 km persegi serta menjadi Ibukota Propinsi, pemanfaatan lahan untuk bercocok tanah sangat terbatas, oleh karena itu pihaknya berharap, hasil kunjungan lapangan ini dapat dijadikan percontohan guna pemanfaatan lahan pekarangan sebagai media tanam dan penghijauan masyarakat Kota Mataram yang mana sasaran utamanya adalah para ibu rumah tangga.

Dikatakan Hj Suryani, dengan di implementasikannya Program Penganekaragaman Konsumsi Pangan (P2KP), di Kota Mataram dimulai pada tahun 2011 secara bertahap dengan menumbuhkan 10 kelompok optimalisasi pemanfaatan pekarangan. Disusul tahun 2012, ditumbuhkan lagi 10 kelompok optimalisasi pemanfaatan pekarangan, dan tahun 2013, ditumbuhkan lagi 8 kelompok optimalisasi pemanfaatan pekarangan melalui konsep Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL). Dengan demikian, sampai dengan tahun 2013 di Kota Mataram sudah ditumbuhkan 28 kelompok optimalisasi pemanfaatan pekarangan yang tersebar di 26 kelurahan dan 6 kecamatan. Dari 50 kelurahan yang ada, masih tersisa 24 kelurahan yang belum ditumbuhkan kelompok optimalisasi pemanfaatan pekarangan dan kemungkinan pada tahun-tahun berikutnya akan dibentuk secara bertahap, yang pendanaannya bersumber dari pusat maupun daerah Kota Mataram.

Melalui study banding ini, diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman petugas tentang penerapan konsep  KRPL di Kabupaten Magelang. Dengan demikian kami bisa menyiapkan petugas yang mampu mensosialisasikan dan membimbing masyarakat atau kelompok pekarangan tentang penerapan KRPL di Kota Mataram. Hal ini diharapkan bisa memacu pengembangan keterampilan masyarakat/kelompok Optimalisasi Pemanfaatan Pekarangan melalui konsep KRPL dalam memanfaatkan pekarangan.(dh/odink_humas)

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota Mataram Perwal Tata Naskah Dinas Pemerintah Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramPERATURAN WALIKOTA MATARAM TENTANG KODE ETIK ASNROAD MAP RB KOTA MATARAMWebsite Pengaduan Online RakyatPot n Plot Smart CitySSH Kota Mataram Tahun 2018Website Elektronik Warta Kota MataramSurat Edaran Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2018

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat

Statistik Pengunjung

Hari Ini : 280 Visit
Kemarin : 3,348 Visit
Bulan Ini : 62,313 Visit
Tahun Ini : 62,313 Visit
Total : 645,172 Visit
Detail Statistik