Tekan Laju Pertumbuhan Penduduk, Pemkot Gencarkan Program KB
May 13, 2014 1,077 View

Tekan Laju Pertumbuhan Penduduk, Pemkot Gencarkan Program KB

Laju pertumbuhan penduduk di Perkotaan dalam kurun 10 tahun terakhir tercatat cukup signifikan. Sebagai Ibukota Propinsi Nusa Tenggara Barat, Kota Mataram memiliki daya tarik tersendiri bagi penduduk dari daerah lain. Data BPS Kota Mataram menyebutkan laju pertumbuhan penduduk di Kota Mataram cenderung stabil meskipun dalam kondisi riilnya telihat Kota Mataram semakin padat. Dengan laju pertumbuhan penduduk sebesar 1,56 persen, saat ini Kota Mataram yang masuk kategori Kota Sedang dengan jumlah penduduk 419.641 jiwa, kepadatan penduduk sudah mencapai angka 6.846 jiwa/km2.

Menyikapi hal tersebut, Pemerintah Kota Mataram terus berupaya untuk menggiatkan kembali Program Keluarga Berencana yang dahulu telah berhasil menekan laju pertumbuhan penduduk di Indonesia. Walikota Mataram H. Ahyar Abduh dalam sambutannya yang dibacakan Asisten I Tata Praja Setda Kota Mataram L. Indra Bangsawan pada saat membuka Rakerda Kependudukan, Keluarga Berencana, dan Keluarga Sejahtera tingkat Kota Mataram tahun 2014, rabu (30/4) mengatakan, program nyata yang telah dan akan terus dilakukan oleh jajaran Pemkot Mataram dalam upaya menekan laju angka pertumbuhan penduduk yakni dengan menekan angka kelahiran dengan pengaturan kehamilan, menekan angka perkawinan muda tidak terencana, dan memperhitungkan angka mobilitas penduduk.

Guna tercapainya program tersebut, Pemkot bersinergi dengan Kantor Urusan Agama, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat serta kalangan Organisasi Kemasyarakat dalam upaya memberikan pemahaman kepada masyarakat akan pentingnya Program Keluarga Berencana. Disamping itu, pihaknya meminta kepada Dinas Kesehatan, Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) beserta jajarannya untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat dari sisi kesehatan baik kesehatan reproduksi bagi ibu serta keberlangsungan hidup ibu dan bayi.

Sementara, Kepala BPPKB Kota Mataram, Drs. Sutrisno, MBA menyebutkan, Rakerda Kependudukan, Keluarga Berencana dan Keluarga Sejahtera merupakan kelanjutan dari kegiatan serupa di tingkat Propinsi. Rakerda ini bertujuan untuk mencari formulasi terkait pengendalian kependudukan melalui Program KB dan KS. Dikatakannya, keberhasilan program KB akan sangat ditunjang oleh tingkat pemahaman dan tingkat ekonomi masyarakat. Berdasarkan data, jumlah masyarakat dengan jumlah anak banyak didominasi oleh keluarga pra sejahtera. Oleh karenanya sosialisasi program KB hendaknya pula disinergikan dengan program KS sehingga diharapkan dengan tingkat pemahaman dan kesejateraan masyarakat, dapat berdampak signifikan terhadap laju pertumbuhan penduduk di Kota Mataram.

Oleh karenanya, Rakerda yang diikuti oleh perwakilan Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Perwakilan Organisasi Islam, KUA Kota Mataram, Tenaga Kesehatan, Petugas Lapangan KB, serta Kader KB di setiap lingkungan dapat memberikan masukan sehingga program KB dan KS di Kota Mataram dapat berjalan efektif dan efisien dengan keterlibatan aktif dari masyarakat.

Dengan jumlah Pasangan Usia Subur (PUS) di Kota Mataram sebanyak 67.699 jiwa dan peserta KB aktif sebanyak 50.882 akseptor atau sebanyak 75,16 persen, tahun 2014 ini pihaknya bertekad untuk meningkatkan angka Pemenuhan Permintaan Masyarakat (PPM) untuk menjadi peserta KB sebanyak 10.237 akseptor.(dh/putra_humas)

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota Mataram Perwal Tata Naskah Dinas Pemerintah Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramPERATURAN WALIKOTA MATARAM TENTANG KODE ETIK ASNROAD MAP RB KOTA MATARAMBUKU STANDAR HARGA KOTA MATARAM TAHUN 2017Surat Edaran Libur Nasional 2017Edaran Cuti Tahun 2017Website Pengaduan Online RakyatPot n Plot Smart CitySSH Kota Mataram Tahun 2018Logo HUT NTB 2017Website Elektronik Warta Kota Mataram

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat

Statistik Pengunjung

Hari Ini : 3,494 Visit
Kemarin : 5,584 Visit
Bulan Ini : 97,303 Visit
Tahun Ini : 543,495 Visit
Total : 546,215 Visit
Detail Statistik