Kota Mataram Sukses Jadi Tuan Rumah BBRGM TTG Propinsi NTB
08 Mei 2014 1,368 View

Kota Mataram Sukses Jadi Tuan Rumah BBRGM TTG Propinsi NTB

Bertempat di lapangan Sangkareang Kota Mataram, Kamis (8/5),  Gubernur Nusa Tenggara Barat TGH M Zainul Majdi membuka kegitan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke-11, Teknologi Tepat Guna (TTG) ke-12, dan Hari Kesatuan Gerak (HKG)  PKK ke-42 tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat.    Kegiatan pembukaan  BBGRM, TTG  dan HKG PKK  akan berlangsung hingga tanggal 10 Mei 2014 diikuti oleh kepala daerah beserta ibu ketua, pengurus dan kader PKK kabupaten/kota se NTB.

Selain dihadiri Gubernur, kegiatan itu juga dihadiri Wakil Gubernur NTB, H M Amin beserta Istrinya Hj Syamsiah selaku Wakil Ketua TP PKK NTB,  Walikota Mataram H Ahyar Abduh  beserta istrinya Hj Suryani selaku Ketua TP PKK Kota Mataram, pimpinan DPRD Kota Mataram, serta jajaran pejabat, pengurus dan kader PKK kabupaten/kota se NTB.

Dalam sambutannya, Gubernur menyampaikan, gotong royong menjadi ciri khas kehidupan bermasyarakat di Indonesia, yang identik dengan keramahan dan tolong menolong.   "Namun,  seiring kemajuan zaman, semangat gotong royong perlahan mulai meluntur," katanya.

 Oleh karena itu melalui kegiatan ini, Gubernur meminta agar nilai-nilai gotong royong harus terus dipupuk dan dipertahankan, karena selain manusia adalah mahluk sosial, yang pada dasarnya senantiasa butuh bantuan orang lain dan tidak bisa hidup sendiri. “Nilai-nilai gotong royong merupakan modal besar dalam pembangunan. Modal dasar pembangunan, bukan hanya menyangkut penyediaan dana yang besar, sumberdaya manusia yang terampil, teknologi yang canggih serta perencanaan dan pengendalian yang baik,” katanya sambil menambahkan  komitmen kebersamaan, kepedulian dan tanggungjawab seluruh elemen masyarakat, untuk mengambil peran dalam proses pembangunan.

 Sementara itu Wali Kota Mataram dalam sambutannya mengatakan, dalam era sekarang ini masyarakat diharapkan bisa mengembangkan ekonomi kreatif guna mewujudkan keluarga sehat dan sejahtera. Salah satu usaha pemberdayaan masyarakat adalah melalui peningkatan akses masyarakat untuk memperoleh teknologi tepat guna. TTG sebagai teknologi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat diharapkan dapat menjawab permasalahan masyarakat. 

Walikota mengatakan, hasil kreasi yang dipamerkan dalam Gelar TTG ke-12 diharapkan mampu  memberi motivasi bagi masyarakat untuk bisa memberdayakan diri dan lingkungannya sebagai bagian dari upaya untuk berpartisipasi aktif membangun daerah. “Sekaligus menjadi sarana tukar menukar informasi antara pemerintah daerah, dunia usaha, dan stakeholder lainnya dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” katanya. 

 Kegiatan pembukaan BBGRM, TTG dan HKG, Gubernur NTB menyerahkan sejumlah bantuan kemasyarakatan antara lain, penyerahan makanan pendamping ASI untuk keluarga miskin, penyerahan kelambu untuk ibu hamil sebagai upaya menghindari gigitan nyamuk malaria, bantuan kursi roda bagi penyandang cacat dan bantuan usaha dagang.

Dalam kesemptan itu, Gubernur bersama wali kota beserta jajarannya juga melakukan kunjungan ke sejumlah stan pameran TTG dan produk-produk unggulan masing-masing kabupaten/kota se NTB. (nir/crew foto humas)

Agenda Kegiatan

Banner Link

Spanduk Ramadhan 1440 HSSH 2019

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat