Mataram Peringkat ke-10 Kemudahan Berinvestasi
10 April 2012 610 View

Mataram Peringkat ke-10 Kemudahan Berinvestasi

Dalam pemaparan hasil survey yang dilakukan Doing Business 2012 di Hotel Lombok Plaza Mataram Rabu 28 Maret 2012 terungkap bahwa Kota Mataram menempati peringkat 10 dari 20 kota yang disurvey Doing Business sebagai kota yang memiliki tingkat kemudahan terbaik dalam hal mendirikan usaha, mengurus izin-izin mendirikan bangunan atau pendaftaran properti. Kota Mataram bahkan berada diatas peringkat beberapa kota besar di Indonesia yang diantaranya seperti : Medan, Surabaya, Semarang dan Surakarta.
Menurut Sandra Pranoto selaku Associate Operations Officer International Finance Corporation sebagai bagian dari Bank Dunia, “kemudahan prosedur pendirian usaha di suatu daerah akan berimbas pada cepatnya pertumbuhan ekonomi daerah tersebut”. Ada beberapa kriteria yang dijadikan acuan dalam melakukan survey bagi Doing Business. Khusus untuk Kota Mataram, dalam hal kemudahan dalam mendirikan usaha menempati peringkat 10, kemudian untuk prosedur yang diterapkan Mataram menempati nomor 9, lalu jangka waktu yang dibutuhkan dalam proses perijinan 31 hari.
Dalam hal ini, R. Endi Jaweng selaku peneliti dari Doing Business menyampaikan beberapa langkah reformasi untuk meningkatkan mutu pelayanan di daerah agar lebih menciptakan iklim investasi yang akan menjadi magnet kuat bagi para investor.
Langkah-langkah tersebut antara lain adalah : Penyederhanaan izin mendirikan bangunan, melakukan penggabungan perizinan lokasi lebih lanjut, dan meningkatkan komputerisasi dalam pelayanan perizinan mendirikan bangunan.(pun/humas,dik/fto)

Agenda Kegiatan

Banner Link

Spanduk Ramadhan 1440 HSSH 2019

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat