Kelurahan Dasan Cermen Bersaing Meraih Predikat Kelurahan Terintegrasi tingkat Provinsi
31 Mei 2014 1,602 View

Kelurahan Dasan Cermen Bersaing Meraih Predikat Kelurahan Terintegrasi tingkat Provinsi

Pelaksanaan Kegiatan Lomba Kelurahan Terintegrasi tingkat Propinsi Nusa Tenggara Barat telah memasuki tahap penilaian. Tidak kurang dari 20 orang yang tergabung dalam Tim Penilai Lomba Kelurahan Terintegrasi, Tim Penilai Lomba Kecamatan Sayang Ibu, Tim Penilai Rumah Sakit Sayang Ibu, dan Tim Penilai Lomba Bina Keluarga Balita turun lapangan untuk melakukan penilaian di Kelurahan Dasan Cermen yang mewakili Kota Mataram dalam Lomba yang digelar setiap tahun. Kedatangan timPenilai Propinsi yang dipimpin Ir. Tajudin Erpandy, M.Sc disambut oleh Wakil Walikota Mataram H. Mohan Roliskana, S.Sos, MH, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Mataram Hj. Suryani Ahyar Abduh, S.Sos dan segenap jajarannya di Kantor Lurah Dasan Cermen, sabtu (31/5).

Dalam kunjungannya ke Kota Mataram, Ketua Tim Penilai menyebutkan, sejumlah aspek penilaian pada lomba tahun ini relatif berbeda dengan tahun sebelumnya. Beberapa aspek penilaian tambahan diantaranya aspek lingkungan hidup sertaaspek perpustakaan desa. Menurut Tajudin, aspek penilaian tidak hanya dilakukan pada saat tahun pelaksanaan akan tetapi penilaian dilakukan terhadap implementasi program terkait dalam kurun 2 tahun terakhir.

Penambahan aspek lingkungan hidup dalam kriteria penilaian didasari pada keberlangsungan hidup dari masyarakat itu sendiri. Di era globalisasi, isu lingkungan hidup menjadi salah satu isu yang hangat dibahas hingga di tingkat dunia. Kesadaran masyarakat akan kelestarian dan kesehatan lingkungan akan berdampak pada ketahanan hidup masyarakat. Sementara, masuknya aspek perpustakaan desa diharapkan menjadi tolak ukur dari peningkatan minat baca dan penurunan angka buta aksara di Nusa Tenggara Barat.

Dalam kurun penyelenggaraan Lomba Kelurahan Terintegrasi, Kota Mataram pada tahun 2013 lalu tercatat masuk kategori 6 besar Nasional yang diwakili oleh Kelurahan Pejeruk. Ada beberapa evaluasi yang menjadi catatan pada penilaian tahun lalu yang dapat menjadi masukan bagi Kelurahan Dasan Cermen agar dapat bersaing dengan Kabupaten/Kota lainnya di tingkat Nasional yakni terobosan terhadap peningkatan ekonomi masyarakat yang menjadi aspek dengan bobot nilai cukup tinggi.

Sementara, Wakil Walikota Mataram menyebutkan, pelaksanaan Penilaian Lomba Kelurahan Terintegrasi menjadi barometer dalam mengukur tingkat partisipasi masyarakat terkait dengan implementasi program yang dilaksanakan oleh Pemerintah. Penilaian yang melibatkan unsur lintas sektoral diharapkan dapat memperkuat kapasitas masyarakat mulai di tingkat rumah tangga.

Dinamika perkembangan masyarakat yang demikian komplek dikatakan Mohan, hendak dibarengi dengan perkuatan kelembagaan di tingkat rumah tangga. Rumah tangga lanjut Mohan menjadi episentrum dari pembentukan karakter masyarakat, namun dewasa ini tidak jarang rumah tangga menjadi sumber dari permasalahan sosial yang terjadi di tengah-tengah masyarakat.

Penilaian Lomba Kelurahan Terintegrasi sejatinya tidak hanya mengejar gelar dan penghargaan semata, akan tetapi lebih dari itu pihaknya berharap manfaat dari penilaian tersebut adalah tata nilai yang menjadi aspek penilaian benar-benar terimplementasi dalam kehidupan masyarakat Kota Mataram

Agenda Kegiatan

Banner Link

Spanduk Ramadhan 1440 HSSH 2019

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat