Pasar Amerika Selatan dan Karibia Berpotensi untuk Digarap
12 Juni 2014 875 View

Pasar Amerika Selatan dan Karibia Berpotensi untuk Digarap

Keberadaan pasar di kawasan Amerika Selatan dan Karibia memiliki potensi ekonomi yang cukup besar, namun saat ini belum dimanfaatkan secara optimal di Indonesia  termasuk Kota Mataram. “Karena itu dibutuhkan peningkatan pemahaman dari para pelaku usaha di bidang perdagangan mengenai peluang dan potensi pasar di kawasan Amerika Selatan dan Karibia,” kata Sekretaris Daerah Kota Mataram Ir HL Makmur Said MM dalam acara pembukaan Roundtable Discussion tentang Potensi Kerjasama Ekonomi Antara Indonesia Dengan Negara-Negara Di Kawasan Amerika Selatan dan Karibia di Hotel Santika Kota Mataram, Kamis (12/6).

Dikatakannya, kawasan Amerika Selatan dan Karibia merupakan pasar non tradisional yang bisa menjadi pasar alternatif bagi peningkatan kerjasama ekonomi dengan Indonesia. Ha itu terbukti dengan indikator yang dapat dimanfaatkan dalam menarik masyarakat Amerika latin yang tinggi antara lain Gross Dimestic Product (GDP) perkapita masyarakat Amerika latin  rata-rata di atas 12.000 US dolar  dan adanya budaya untuk berlibur ke luar negeri.  Di sisi lain minat masyarakat  Amerika Selatan dan Karibia terhadap Indoensia juga mengalami peningkatan.

Hal itu terlihat dari kunjungan wisatawan asing yang berasal dari kawasan Amerika Selatan dan Karibia terus mengalami peningatkan setiap tahunnya, dimana pada tahun 2011 jumlah wisatawan dari kawasan tersebut mencapai 24.772 orang dan pada tahun 2012 meningkat menjadi 36.882 orang. “Karenanya kami memberikan apresiasi kepada pemerintah pusat yang telah menggelar acara ini, dan berharap agar kesempatan ini bisa dimanfaatkan  untuk menggalang pelaku dibidang perdagangan dan pariwisata untuk berpartisispasi dalam pameran di kawasan Amerika Selatan dan Karibia sebagai peserta,” harapnya.

Sementara dalam sambutan Direktur kawasan Amerika Selatan dan Karibia Kementerian Luar Negeri (Kemlu), Musthofa Taufik Abdul Latif   mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu upaya Kemlu untuk memaksimalkan potensi pasar di kawasan Amerika Selatan dan Karibia yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dan pengusaha khususnya di Kota Mataram. “Kawasan Amerika Selatan dan Karibia merupakan pasar yang belum tergarap, karena umumnya pengusaha melakukan ekspor barang ke negara yang terkenal, seperti ke eropa dan Asia,” ungkapnya.

Terkait dengan itu kegiatan diskusi ini bisa membuka dan memotivasi  pengusaha di Kota Mataram melakukan ekspor ke kawasan Amerika Selatan dan Karibia, sehingga akan berdampak pula terhadap peningkatan kunjungan wisatawan serta kesejahteraan di daerah ini.

Roundtable Discussion tentang Potensi Kerjasama ekonomi Antara Indonesia Dengan Negara-Negara Di Kawasan Amerika Selatan dan Karibia tersebut diikuti oleh sejumlah kalangan pengusaha produk unggulan Kota Mataram, seperti kerajian ketak, emas mutiara, tenun, dan cukly,  perwakilan dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Mataram, serta pihak-pihak terkait lainnya. (nir/nyem)

Agenda Kegiatan

Banner Link

Spanduk Ramadhan 1440 HSSH 2019

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat