Walikota Mataram Menutup Bimbingan Manasik Haji Gratis
21 Juni 2014 866 View

Walikota Mataram Menutup Bimbingan Manasik Haji Gratis

Bertempat di Asrama Haji Jalan lingkar Selatan, Kota Mataram, Santu (21/6) Walikota Mataram H Ahyar Abduh menutup kegiatan bimbingan manasik haji gratis tingkat Kota Mataram yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Mataram bekerja sama dengan Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kota Mataram.  Kegiatan penutupan manasik haji itu, diawali dengan praktek langsung di Asrama Haji tentang tata cara melakksanakan berbagai syarat, rukun wajib , sunnah haji dan umroh yang diikuti sebanyak 463 Jamaah Calon Haji (CJH) Kota Mataram yang terdiri dari  236 jamaah laki-laki dan 227 jamaah perempuan.

Dalam kesempatan itu, Walikota Mataram mengatakan  bahawa kegiatan bimbingan manasik haji gratis ini merupakan salah satu bentuk komitmen Pemerintah Kota Mataram dalam memberikan pelayanan prima kepada JCH sebagai tamu Allah. "JCH merupakan tamu Allah yang harus dilayani dengan maksimal baik dari segi fisik maupun mental, agar para jamaah bisa melaksanakan rukun wajib dan sunnah haji dengan sempurna dan menjadi haji mabrur," ujarnya.

Selain memberkan bekal bimbingan manasi haji gratis, Pemerintah Kota Mataram juga memberikan bantuan berupa seragam lengkap bagi para jamaah, meliputi, seragam beserta ongkos jahit, jilbab, peci, sepatu, sandal dan imunisasi menginitis. Akan tetapi jika ada kebutuhan lain yang bisa ditanggung pemeritah, akan diusahakan lagi semampu dan semaksimal mungkin demi kelancaran dan kenyamanan perjalanan ibadah haji.

Hal senada juga dilontarkan Ketua Harian IPHI Kota Mataram, H Husnan Ahmadi, pelayanan prima yang diberikan oleh Pemerintah Kota Mataram tidak hanya penyiapan mental dan bekal ilmu agama, melainkan juga bantuan-bantuan kebutuhan jamaah yang dapat meringankan beban JCH. “Agar jamaah bisa lebih fokus beribadah dan pulang dengan membawa predikat haji mabrur,” katanya.

Sementara itu Ketua Panitia Bimbingan Manasik Haji, H Hasbah mengatakan, selain bantuan di atas, tahun ini Pemerintah Kota Mataram juga akan membayarkan denda atau dam bagi jamaah haji tamattu’ (melaksanakan ibadah umroh dan Haji di bulan haji yang sama dengan mendahulukan ibadah Umroh).

Menurutnya, bimbingan manasik haji gratis tersebut telah berlangsung selama selama satu bulan, yakni mulai tanggal 24 Mei sampai 21 Juni 2014, dengan tingkat kehadiran jamaah setiap bimbingan mencapai 95-100 persen, materi yang diberikan meliputi syarat, rukun, wajib haji dan umroh serta gambaran teknis dilapangan, dan puncak bimbingan dilakukan praktek langsung secara praktik di Asrama Haji jalan Lingkar Selatan Kota Mataram, agar jamaah benar-benar mendapatkan gambaran tentang kondisi pelaksanaan ibadah haji di tanah suci.  (nir/odink foto humas)

Agenda Kegiatan

Banner Link

Spanduk Ramadhan 1440 HSSH 2019

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat