Walikota : Konsumsi Ikan  dapat tingkatkan kualitas SDM
21 Juni 2014 689 View

Walikota : Konsumsi Ikan dapat tingkatkan kualitas SDM

Pemerintah Kota Mataram terus berupaya meningkatkan angka konsumsi ikan mendekati angka rata-rata Nasional sebesar 35,13 kg/kapita. Dalam kurun 7 tahun terakhir, tingkat konsumsi ikan masyarakat Kota Mataram sudah mencapai angka 20,3 kg/kapita. Walikota Mataram, H. Ahyar Abduh menilai, angka konsumsi ikan masyarakat Mataram masih harus terus ditingkatkan. Hal tersebut dapat dilakukan dengan sosialisasi dan kampanye makan ikan yang harus lebih menyentuh level masyarakat bawah. Diakui Walikota, kandungan protein hewani pada ikan dinilai sangat tinggi serta rendah kolesterol sehingga dapat aman dikonsumsi oleh seluruh lapisan usia. Disamping itu, keterjangkauan harga ikan hendaknya dapat mendorong angka konsumsi ikan sehingga target Pemkot Mataram untuk mengejar rata-rata Nasional dalam beberapa tahun mendatang dapat tercapai.

Pada kesempatan membuka Kegiatan Lomba Masak Serba Ikan yang digelar di Halaman Kantor Walikota Mataram, sabtu (21/6), Ahyar menegaskan, kegiatan ini merupakan bentuk sarana sosialisasi kepada masyarakat sekaligus memotivasi masyarakat agar meningkatkan konsumsi ikan dengan berbagai bentuk olahannya. Sejumlah sajian olahan serba ikan serta produk panganan olahan masyarakat turut disajikan dalam kegiatan tersebut.

Sementara Kepala Dinas Pertanian, Perikanan dan Kelautan Kota Mataram H. Mutawalli menyebutkan, kegiatan rutin yang diselenggarakan pihaknya bertujuan untuk kampanye gerakan makan ikan serta membuka pasar bagi para pembudidaya dan nelayan dalam memasarkan produk mereka. Lomba Masak Serba Ikan diikuti oleh 49 peserta yang berasal dari perwakilan SKPD/Kecamatan/Kelurahan serta Organisasi Kewanitaan yang ada di Kota Mataram. Disamping mengadakan Lomba Masak Serba Ikan, dalam kegiatan ini pihaknya juga mengadakan demo masak produk olahan serba ikan, lomba mewarnai serba ikan serta bazzar dan promosi produk olahan serba ikan yang di ikuti oleh 10 kelompok.

Keluar sebagai pemenang Lomba Masak Serba Ikan, Inspektorat Kota Mataram, Juara II Kecamatan Sandubaya dan Kelurahan Banjar sebagai Juara III. Adapun Juara I Lomba Masak Serba Ikan tingkat Kota Mataram akan berlomba dalam kegiatan serupa tingkat Propinsi. Sebelumnya, tahun 2013, Dharma Wanita Dikpora Kota Mataram berhasil keluar sebagai Juara I tingkat Propinsi dan berhak mewakili Propinsi NTB untuk bersaing di tingkat Nasional Agustus mendatang.(dh/nyem)

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramWebsite Pengaduan Online RakyatPot n Plot Smart CitySSH Kota Mataram Tahun 2018Kota Mataram Dalam Data Tahun 2017Kecamatan Cakranegara Dalam DataKecamatan Ampenan Dalam DataKecamatan Mataram Dalam DataKecamatan Sandubaya Dalam DataKecamatan Sekarbela Dalam DataKecamatan Selaparang Dalam DataWebsite jdih Kota MataramBanner MNEK 2018

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat